Pengembangan Industri Logam Libatkan Akademisi

PELATIHAN: Para pelaku usaha manufaktur logam saat mengikuti kegiatan bimbingan pengembangan usaha Industri Kecil Menengah (IKM) manufaktur logam di Kampus Unjani, Bandung, Jumat (10/8).

PELATIHAN: Para pelaku usaha manufaktur logam saat mengikuti kegiatan bimbingan pengembangan usaha Industri Kecil Menengah (IKM) manufaktur logam di Kampus Unjani, Bandung, Jumat (10/8).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Fakultas Teknik Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Bandung menggelar kegiatan bimbingan pengembangan usaha Industri Kecil Menengah (IKM) manufaktur logam. Kegiaatan pelatihan yang diikuti kurang lebih 75 pelaku usaha itu bertujuan meningkatkan nilai tambah sumber daya alam, serta meningkatkan keunggulan kompetitif dan sistem pengelolaan berwawasan lingkungan.

Rektor Unjani, Mayjen TNI Witjaksono mengungkapkan, melalui kegiatan ini pelaku usaha manufaktur logam dapat mengetahui cara pengelolaan yang baik dari segi permodalan maupun permasalahan pemasaran produk.

“Jadi ada ilmu yang bisa dishare di sini untuk pengembangan manufaktur logam,” ucap
Witjaksono saat memberi sambutan, Jumat (10/8/2018).

Witjaksono menuturkan, inovasi dari produk logam sangat banyak, bahkan bisa menjadi sumber daya unggulan bagi dunia industri saat ini. Ia bercerita, selama di kesatuan dirinya pernah ditugaskan menjadi atase pertahanan sebanyak tiga kali diberbagai negara. Kata dia, di medan pertempuran logam diperuntukan berbeda-beda.

“Di Kamboja, selongsong peluru yang ukurannya besar terbuat dari logam dijadikan jembatan untuk menghalau ranjau. Di Afrika Selatan dan Amerika logam di inovasikan menjadi berbagai peralatan rumah tangga,” ujarnya.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap putra-putri Indonesia tidak kalah dalam menciptakan inovasi-inovasi yang berkualitas berbahan logam,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, M Arifin Soedjayana mengatakan, pengembangan industri logam di Jabar sudah disiapkan Rencana Pengembangan Industri Provinsi (RPIP) sesuai amanat Undang-Undang nomor 3 tentang perindustrian.

“Di rencana induk itu nantinya kabupaten dan kota didata apa saja potensi industrinya, komoditi apa saja yang dikembangkan, termasuk didalamnya ada industri logam, olahan dan manufaktur lainnya,” tuturnya.

Arifin menuturkan, kerjasama (MoU) dengan Unjani yang terjalin sudah lama dirasa bisa mempermudah rencana pengembangan industri logam di Jabar. Menurutnya, peran universitas adalah perpaduan antara akademisi, pengusaha bisnis dan komunitas serta pemerintah saling bersinergi mengembangkan industri logam.

“Makanya kami gandeng juga akademisi dari Unjani. Nantinya akan ada pendampingan untuk pelaku usaha industri logam menengah. Ya’ paling tidak wawasan mereka
tentang pengolahan logam bisa dishare,” ujarnya.

Sejauh ini, Arifin melihat, industri logam belum sepenuhnya masuk ke market yang besar atau belum bisa menjadi suplayer ke industri besar. Maka dari itu, pihaknya akan terus mendorong bagaimana kemitraan antara industri kecil menengah dengan yang besar bisa terwujud. Makanya, lanjut dia, kalangan akademisi dilibatkan supaya memberi jaminan dari sisi kualitas, desaint dan lainnya melalui pendampingan.

“Bisa kita lihat kebanyakan industri logam (alat rumah tangga) seperti alat memasak, produksinya hanya skala kecil. Kami ingin mendorong mereka bisa menjadi suplayer produk logam yang bermitra dengan industri besar,” pungkasnya.

(arh)

loading...

Feeds

Tim Alpha dan KAMMu Kawal Rekapitulasi Suara

POJOKBANDUNG.com, RELAWAN Pasangan Capres nomor urut 01 Jokowi-Amin Tim Alpha dan Korps Angkatan Muda Muhamadiyah (KAMMu) Jawa Barat, diminta tidak lengah …

Relawan Jabar Tahan Suara Pasangan 02

Perolehan suara pasangan Prabowo-Sandiaga seolah tidak goyah untuk wilayah Jawa Barat. Meski demikian, Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat, mengklaim …

Janji Palsu Pihak SMA Pelita Nusantara

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Niat menyekolahkan anak di sekolah yang layak, namun tidak sesuai harpan. Hanya kekecewan yang didapat. Itulah yang …
cisumdawu

Tol Cisumdawu Siap Digunakan Pemudik

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menerima informasi terbaru terkait kesiapan sebagian ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), untuk mudik …