Oded Kerahkan Seluruh Stakeholder Demi Salah Satu Program 100 Hari Kerja

Walikota Bandung Oded M Danial.

Walikota Bandung Oded M Danial.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Salah satu program 100 hari kerja Walikota Bandung terpilih Oded M.Danial adalah bebersih bandung.

“Saya akan membuat program bebersih Bandung, semua stakeholder akan diajak bebersih,” ujar Oded.

Menurut Oded, pihaknya sudah bertemu dan mengajak komunitas di Kota Bandung untuk ikut berkolaborasi mendukung program ini.

“Alhamdulillah tanggapan mereka positif,” terangnya.

Yang juga menjadi perhatian Oded adalah kebersihan sungai dan  infrastruktur.

Selain itu, Oded juga akan memasifkan bank sampah. Bahkan, Oded menjanjikan akan ada biodigester di setiap RW.

“Kita akan membuat agar program bank sampah ini bisa berjalan di setiap RW. Karena sekarang ini banyak warga yang sudah melaksanakan bank sampah dan bisa merasakan manfatnya,” kata Oded.

Dengan adanya bank sampah, masyarakat bisa terbantu secata ekonomi. Meski diakui Oded besarannya tidak signifikan, namun yang penting adalah edukasi bagi masyarakat.

“Masyarakat jadi terbiasa memilah sampah dari rumah,” katanya.

Kalau masalah sampah sudah bisa teratasi di tingkat RW, Oded mengatakan produksi sampah anorganik bisa berkurang sebanyak 30 persen.

“Menurut data dari PD Kebersihan, sampah anorganik menyumbang 30 persen dari volume sampah per harinya. Kalau program bank sampah ini jalan, maka produksi sampah anorganik bisa dikurangi lagi,” paparnya.

Jika warga sudah terbiasa memilah sampah, semua sampah bisa didaur ulang, maka akan tersisa sampah B3. Dengan begitu, Oded mengatakan, sisa sampah yang tidak bisa didaur ulang hanya sekitar 20 persen.

Selain itu, pengurangan sampah ini bisa menghemat biaya angkut hingga Rp100 milyar.

Dengan asumsi, pengurangan angkutan sampah dari RW ke TPS dan dari TPS ke TPA.

“Saya yakin akan banyak pengeluaran yang dipangkas dari program ini,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Gelar IndonesiaNext 2019

Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT sebagai program yang menyasar pada peningkatan keahlian profesional para mahasiswa sebagai persiapan SDM yang unggul.
Fun Run

Ribuan Pelari Meriahkan ITB-PLN Fun Run 5K 2019

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Yayasan Solidarity Forever (YSF) beserta Institut Teknologi Bandung (ITB) dan didukung Perusahaan Listrik Negara (PLN), menggelar ITB-PLN …