Angin Puting Beliung Terjang The Plaza IBCC Bandung

Sejumlah pengunjung melintas dibawah atap yang rusak tertiup angin di IBCC, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (6/8/2018). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. 

Sejumlah pengunjung melintas dibawah atap yang rusak tertiup angin di IBCC, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (6/8/2018). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. 

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pusat Perbelanjaan pembangunan rumah, The Plaza IBCC, mendapatkan embusan angin yang membuat asbes bangunan berterbangan. Kejadian tersebut terjadi pukul 15.30 WIB, Senin (6/8/2018).


Menurut pengakuan salah satu pegawai toko keramik,  Mira Wahyudin,  kejadian itu  adalah angin puting beliung. Embusan angin membawa tumpukan asbes menjadi berantakan hingga terjatuh ke sungai.

“Tidak ada yang sampai jatuh ke bawah, tadi saya rasakan anginnya masuk kemudian membawa asbes menuju arah tenggara,” kata Mira.

Mira mengatakan hal ini sudah terjadi yang kedua kali. Pada 2012 lalu, hujan besar membuat asbes kanopi IBCC terbawa angin besar hingga berantakan.

“Tidak ada korban atau kerusakan apa-apa,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang satpam IBCC, Hilmy A., mengatakan angin seperti ini sudah menjadi hal biasa. “Tadi anginnya enggak terlalu besar, sudah biasa asbes berantakan seperti ini,” kata Hilmy.

Angin seperti ini beberapa kali terjadi di IBCC. Namun, setelah itu petugas IBCC akan segera merapikan asbes kembali.

Prakirawan BMKG, M.Iid mengatakan kondisi angin di Bandung untuk saat ini relatif kencang. “Akibat ada ganguan badai Shanshan,” kata Iid.

Adanya gangguan regional di Samudera Pasifik bagian barat yaitu Badai Shanshan mengakibatkan kondisi angin relatif kencang. Kecepatan berkisar antara 36-50 km/jam.

Iid mengatakan, kondisi angin seperti itu perlu diwaspadai. “Apalagi untuk cuaca daratan terhadap adanya potensi pohon tumbang,  objek yang mudah roboh, dan patah,” katanya.

(ayb/pra)

 

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …