Ini Arti Nama Jawa Mulai dari Cucu Jokowi sampai SBY

Cucu SBY dan Jokowi.

Cucu SBY dan Jokowi.

POJOKBANDUNG.com – Sudah pasti nama dari cucu seorang presiden atau mantan presiden menjadi hal yang sangat penting dan mengundang rasa penasaran bagi rakyatnya. Banyak yang ingin mengetahui nama cucu berarti juga mengenal pribadi pemimpin negaranya. Karena nama cucu pun bisa jadi inspirasi bagi orang-orang jika akan menimang anak nantinya.


Seperti apa nama dan arti cucu dari SBY dan Jokowi? Simak!

  1. Cucu pertama Presiden SBY bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono

Pertama ada cucu dari Presiden SBY yang lahir dari pasangan Agus Harimurthi Yudhoyono dan Annisa Yudhoyono. Penamaan cucu SBY yang pertama ini sendiri terinspirasi dari tokoh wanita abad 14 yang merupakan ratu Kerajaan Majapahit.

Almira berarti putri yang mulia, Tunggadewi adalah ratu Majapahit yang setia dan berani, dan Yudhoyono adalah nama keluarga. Almira sendiri lahir pada 17 Agustus 2008.

  1. Cucu kedua Presiden SBY dari pasangan Ibas dan Aliya Rajasa bernama Airlangga Satriadhi Yudhoyono

Cucu kedua Presiden SBY masih berbau Jawa, tepatnya Kerajaan Majapahit. Jika diartikan secara terpisah, Airlangga berarti pemimpin untuk keluarga, bangsa dan negara.

Arti dari Satriadhi adalah satria yang berjuang di jalan yang benar dan dapat menghadapai segala rintangan dan tantangan. Yudhoyono adalah nama keluarga. Maka keseluruhan arti namanya adalah pemimpin dan satria yang berjuang di jalan benar dan dapat menghadapi segala rintangan untuk keluarga, bangsa, negara.

  1. Adik Airlangga bernama Pancasakti Maharajasa Yudhoyono

Sedikit bernada Majapahit, nama adik pertama buat Airlangga ini menggabungkan antara nama keluarga Presiden SBY dan besannya yaitu Hatta Rajasa.

Pancasakti Maharajasa Yudhoyono berarti raja sakti yang memiliki kekuatan dalam menjalankan makna yang terkandung dalam Pancasila, yang memenangkan peperangan. Pancasakti sendiri mengingatkan pada kelahirannya yang jatuh pada Hari Kesaktian Pancasila.

  1. Cucu Presiden SBY yang terakhir adalah Gayatri Idalia Yudhoyono

Kebahagiaan melengkapi keluarga Presiden SBY dengan dua cucu perempuan dan dua cucu laki-laki, lahirlah Gayatri Idalia Yudhoyono.

Gayatri diambil dari nama istri Raden Wijaya pada masa Kerajaan Majapahit, yaitu Gayatri Rajapatni yang menggambarkan perempuan tangguh. Idalia adalah gabungan nama Ibas dan Aliya, sedangkan Yudhoyono adalah nama keluarga. Terinspirasi dari istri raja Majapahit, diharapkan Gayatri menjadi perempuan yang tangguh

  1. Sedangkan cucu pertama Presiden Jokowi bernama Jan Ethes Srinarendra

Bila dijabarkan secara terpisah, “Jan” berarti “sangat”, “Ethes” berarti “cekatan”, dan “Narendra” berarti cerdas. Walau terdengar unik, namun ketiganya adalah kosakata dari bahasa Jawa. Secara keseluruhan Jan Ethes Srinarendra berarti pemimpin yang cerdas dan cekatan sekali.

  1. Baru diumumkan, cucu kedua Presiden Jokowi bernama Sedah Mirah Nasution

Baik kata “Sedah” dan “Mirah” merupakan kosakata dari Bahasa Jawa, sedangkan “Nasution” merupakan marga dari keluarga Bobby.

Nama ini melambangkan harapan Kahiyang dan Bobby sebagai orangtua agar anaknya tak cuma menawan, tapi juga bertakwa pada Tuhan dan suka menolong orang-orang di sekitarnya. Secara keseluruhan, putri pertama Kahiyang Bobby diharapkan bisa menjadi anak yang menawan, soleha, dan dermawan.

(hal/tipstren/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …