Pemkab Bandung Menjamin Stok Hewan Kurban Aman

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Jelang Idul Adha tahun ini Pemerintah Kabupaten Bandung menjamin stok hewan kurban aman, dengan menyiapkan puluhan ribu ekor disiapkan.


“Sudah aman, tidak akan heboh kekurangan sapi, melihat dari pengalaman,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran di kantornya, kemarin.

Tisna menuturkan pada 2017 stok hewan kurban di Kabupaten Bandung mencapai 24 ribu ekor yang terdiri domba, sapi dan kerbau. “Tahun ini ada sekitar 30 ribu (hewan kurban), naik 6-8 persen dari tahun sebelumnya,” ucap Tisna.

Ia berujar kebanyakan hewan kurban yang diminati warga Kabupaten Bandung yaitu domba dan sapi. Dari 24 ribu hewan kurban pada Idul Adha tahun lalu, 86 persen dinyatakan sehat dan laik. Sisanya umurnya hewan ternak tersebut kurang, badannya besar tapi umurnya kurang.

“Kalau sakit menurun itu 2-3 persen, tapi tidak ditemukan yang mengalami penyakit berbahaya,” katanya.

Menurut Tisna, rata-rata harga domba di Kabupaten Bandung yang sudah laik disembelih mulai Rp 2,5 juta-Rp 3,5 juta, sementara harga paling mahal Rp 5,5 juta. Hal tersebut ditentukan bobotnya.

Sementara untuk harga sapi, yang umum dijual per ekornya kisaran Rp 20-22 juta,. “Tapi jika sapi yang dijual perkilo gram dimulai dari 61-63 ribu rupiah. Harga tersebut naik dibandingkan tahun kemarin yang mencapai 55-60 ribu rupiah. Kita sarankan beli sapi yang dijual dengan cara ditimbang, biar jelas bobot sapinya,” tutur Tisna.

Menurut dia, kenaikan harga tersebut disebabkan biaya operasional naik. “Harga naik karena biaya transportasi naik, pedagang kebanyakan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kemudian harga pakan dan nilai sewa tempat juga ikut naik,” ucapnya.

Pemkab Bandung saat ini fokus pada pembenahan teknis, seperti cara penyembelihan sebagai upaya menjaga kehalalan dan pengecekan kesehatan hewan ternak. Pemeriksaan hewan kurban di Kabupaten Bandung berlangsung pada 14 Agustus yang melibatkan 60 personel gabungan terdiri dari dokter hewan, para medis, petugas Distan, dan satgas pangan Polres Bandung.

“Ada juga pelatihan cara menyembelih dan menjatuhkan tubuh sapi yang berkeringat dengan MUI Kabupaten Bandung,” kata Tisna.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …