Nah Loh… Polisi Periksa Tour Leader, Diduga Penyebab Kebakaran Gili Lawa Taman Nasional Komodo

Padang savana Gili Lawa Taman Nasional Komodo terbakar. Foto:pojoksatu

Padang savana Gili Lawa Taman Nasional Komodo terbakar. Foto:pojoksatu

POJOKBANDUNG.com, MANGGARAI – Polisi telah memeriksa sejumlah saksi terkait kebakaran Gili Lawa Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).


Salah satu saksi yang diperiksa adalah tour leader dari salah satu agent travel. Ia diduga sebagai penyebab kebakaran padang savana seluas 10 hektare di Gili Lawa Taman Nasional Komodo.

Gili Lawa merupakan salah satu spot wisata favorit di Taman Nasional Komodo yang biasa dikunjungi wisatawan setelah menyelam. Para wisatawan baik domestik maupun mancanegara, bisa menikmati sunset maupun sunrise di lokasi ini.

“Menindaklanjuti kabar yang beredar terkait salah satu trip kami yang diduga tour leader yang bertugas lalai dalam menjaga aktifitas tamu dalam berwisata yang menyebabkan kebakaran di Gili Lawa, saat ini yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan polisi, tulis Public Relation Indonesia Juara melalui insta stroy, @indonesiajuaratrip, Jumat (3/8/2018).

“Dan bila terbukti benar berdasarkan pemeriksaan terbukti bersalah, kami selaku pihak perusahaan akan melakukan tindakan keras sampai ke tahap pemecatan. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih,” tandasnya.

Ia menambahkan, Indonesia Juara menghormati proses hukum yang berlaku. Namun sampai saat ini polisi belum memutuskan siapa yang bersalah dalam insiden tersebut.

“Jika hasil investigasi menyatakan bersalah, kami pihak perusahaan siap bertanggung jawab dalam pemulihan alam dengan pihak Taman Nasional Komodo,” tandasnya.

Kebakaran Gili Lawa Taman Nasional Komodo terjadi pada Rabu (1/8/2018) sekitar pukul 20.00 WIB. Diperkirakan sekitar 10 hektare lahan hangus terbakar.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Budhy Kurniawan, menjelaskan, peristiwa kebakaran di padang savana Gili Lawa baru pertama kali terjadi. Saat ini, penyelidikan telah dilakukan oleh Polres Manggarai Barat.

Hal itu dibenarkan Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Jules Abraham Abast. Menurut dia, polisi sedang melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus tersebut.

“Kepolisian akan segera melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab kebakaran,” ujar Jules.

Berikut video kebakaran Gili Lawa Taman Nasional Komodo:

(one/pojoksatu/pojokbandung)

 

 

Loading...

loading...

Feeds

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …