Dishub Kota Bandung Berhutang Retribusi Rp110 Miliar

 Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mengaku keteteran dengan target retribusi parkir.
( Photo : 
RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG )

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mengaku keteteran dengan target retribusi parkir. ( Photo : RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung berutang sekitar Rp110 miliar target retribusi parkir saat ini. Dari target Rp115 miliar potensi pendapatan, baru sekitar Rp5,6 miliar total perolehan hingga awal Agustus ini.

Pihak dishub sendiri mengaku keteteran dengan pemenuhan target retribusi parkir karena penggunaan mesin parkir masih minim di Kota Bandung.

“Sebenarnya, berdasarkan kajian potensi retribusi parkir sebesar Rp80 milyar. Tapi berdasarkan ketetapan TAPD dan dewan, target yang harus dicapai Rp115,” keluh Kadishub Kota Bandung, Didi Ruswandi, Rabu (1/8/2018).

Pencapaian target yang hanya dua persen itu pun, diakui Didi. Tahun ini target retribusi parkir sebesar Rp115 milyar, namun baru tercapai Rp5,6 milyar.

Karena capaian retribusi pairkir yang jauh dari target, menurut Didi, jumlah mesin parkir di pasang di 445 titik, sementara parkir manual ada 223 titik.

Akibat pencapaian target yang tak mampu tercapai, Ombudsman akan melakukan penelitian tentang pengelolaan parkir di Kota Bandung dalam waktu dekat.

“Karenanya, Ombudsman meminta data dari kita titik-titik parkir dan kesulitan apa yang dihadapi, terutama terkait penggunaan mesin parkir,” ucap Didi menjelaskan.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, yang sekarang menjadi sorotan Ombudsman adalah titik parkir yang dikelola warga. “Karena sekarang kan banyak titik parkir baru terkait banyaknya pembangunan taman,” kata Emil.

Agar titik baru ini bisa ditarik retribusinya, harus dimasukkan ke dalam perwali. Untuk itu, Emil tengah menunggu laporan dari Dishub Kota Bandung terkait penambahan titik ini.

“Ombudsman akan meneliti tentang pengelolaan retribusi parkir di Kota Bandung, baik mesin parkir maupun parkir manual,” terang dia.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

L300 Memang Andalan Pengusaha

Animo pengusaha memakai L300 sebagai kendaraan operasional terbukti tetap tinggi.Hal tersebut terbukti pada acara Gebyar Wirausaha Mitsubishi

Universitas Islam Bandung Lantik 1.359 Lulusan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Universitas Islam Bandung (Unisba) menyelenggarakan prosesi wisuda untuk 1.359 sarjana, magister dan doktor. Pelantikan Gelombang 2 Tahun …
pandu

Subang, Kuasai Dunia dengan Pandu Digital

POJOKBANDUNG.com, SUBANG- Kementerian Komunikasi dan Informasi mengelar Seminar Nasional dan Lokakarya Pembentukan Pandu Digital Kabupaten Subang, bertempat di Aula Pemkab …
dinkes

Dinkes Bandung Utamakan Kualitas Puskesmas

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas Puskesmas. “Untuk kondisi sekarang, yang penting bagi …
kua

Penandatanganan KUA-PPAS Percepat Pembangunan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama DPRD Jabar, menandatangani Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) …
rahmat

Berkas Kasus Rahmat Baiquni Masih Diproses

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat belum melimpahkan berkas Rahmat Baiquni, tersangka penyebar kabar bohong atau hoaks, petugas …
spn

SPN 2019 Beri Pengalaman untuk Anak Dayak

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG -27 siswa asal Kalimantan Timur mendapat kesempatan mengenal Provinsi Jawa Barat lebih dekat. Para siswa diberi beragam pengalaman …