Tingkatkan Pemahaman Badan Usaha Melalui E-Dabu Class

Suasana edukasi penggunaan aplikasi New E-Dabu kepada HRD badan usaha/perusahaan dalam program JKN-KIS. Foto:Istimewa

Suasana edukasi penggunaan aplikasi New E-Dabu kepada HRD badan usaha/perusahaan dalam program JKN-KIS. Foto:Istimewa

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – BPJS Kesehatan Cabang Cimahi kembali melakukan edukasi penggunaan aplikasi New E-Dabu kepada HRD badan usaha/perusahaan yang sudah terdaftar ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), di Kantor Cabang Cimahi, Selasa (31/7/2018).

Kegiatan yang bertajuk E-Dabu Class tersebut ditujukan bagi para Badan Usaha baru maupun yang sudah lama. Dalam kegiatan ini dijelaskan terkait pengelolaan data badan usaha melalui aplikasi New-Edabu ataupun melalui email.

Saat ini Badan Usaha wajib merubah data jumlah kepesertaan melalui aplikasi New-Edabu atau email yang sudah diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Aplikasi New E-Dabu adalah aplikasi pendaftaran karyawan dan keluarganya pada Badan Usaha secara online ke BPJS Kesehatan.

Aplikasi ini menyediakan fitur bagi Badan Usaha untuk melakukan pendaftaran baru karyawan beserta anggota keluarganya, pengurangan karyawan karena tidak bekerja lagi pada Badan Usaha tersebut maupun meninggal dunia, serta dapat melakukan perubahan data peserta.

BPJS Kesehatan Cabang Cimahi akan terus memberikan edukasi terkait kemudahan kepada seluruh badan usaha melalui aplikasi New E-Dabu, sehingga badan usaha dapat melakukan mutasi data karyawan tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan.

“New E-Dabu merupakan alat bantu untuk mempermudah proses mutasi tambah/kurang peserta dan rekonsiliasi data peserta & iuran Badan Usaha. Prinsip kerja New E-Dabu adalah pelayanan mandiri, artinya Badan Usaha mengakses sendiri data pekerja dan anggota keluarganya yang menjadi peserta BPJS Kesehatan pada periode tertentu yang telah ditetapkan dan dapat langsung melakukan koreksi terhadap data tersebut sebelum dimigrasikan ke dalam masterfile BPJS Kesehatan,” ujar Staf Relationship Officer BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Rini Indriani saat memberikan materi.

Rini menambahkan, edukasi tersebut tidak hanya dilakukan satu arah, namun PIC/HRD Badan Usaha juga diberi kesempatan untuk melakukan praktek langsung, hal tersebut dilakukan agar HRD Badan usaha dapat langsung paham dan mengerti cara menggunakan aplikasi New E-Dabu yang banyak memberikan kemudahan sesuai dengan kebutuhan.

Selain mensosialisasikan aplikasi New E-Dabu, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi juga mengajak PIC/HRD Badan Usaha untuk mendownload aplikasi Mobile JKN di handphone masing-masing.

Hal ini dikarenakan dalam aplikasi New E-Dabu belum dilengkapi pelayanan perubahan lokasi fasilitas kesehatan, sehingga untuk perubahan fasilitas kesehatan, peserta dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN yang tersedia di PlayStore dan App Store.

(ymi/pojokbandung)

loading...

Feeds

Bank Muamalat Incar Nasabah Prioritas

BANDUNG –Bank Muamalat menggelar Customer Gathering di Bandung, pada Kamis, (13/12). Kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye gerakan #AyoHijrah, sekaligus mempererat …

Giring Ganesha Mau Nikah Lagi?

Jagad media sosial dikejutkan dengan video berjudul 'Giring Ganesha Mau Nikah lagi?'. Video tersebut diunggah oleh Giring sendiri di akun …