PDRI Dorong Perguruan Tinggi Menjadi Entrepreneurial University

FOTO BERSAMA: Ketua Umum DPP PDRI berfoto bersama peserta Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah PDRI ke-1 di Auditorium Balai Bahasa Jabar, Sabtu (28/7/2018).

FOTO BERSAMA: Ketua Umum DPP PDRI berfoto bersama peserta Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah PDRI ke-1 di Auditorium Balai Bahasa Jabar, Sabtu (28/7/2018).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) Jawa Barat, menggelar Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah Ke-1 di Auditorium Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa, Kota Bandung, Sabtu (28/7/2018).


Mengusung tema Pengembangan Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi di era revolusi Industri 4.0, diharapakan mampu mendorong perguruan tinggi menjadi entrepreneurial university dan melahirkan mahasiswa yang berdaya saing tinggi.

“Acara ini sangat penting sebagai upaya untuk mendorong perguruann tinggi menjadi entrepreneurial university sehingga kegiatan riset interdisiplin di perguruan tinggi dapat terkoordinasi secara memadai, dan mampu menghasilkan paket teknologi yang marketable,” ujar Ketua Umum DPP PDRI Ahmad Zakiyuddin.

Zakiyuddin menjelaskan, dalam waktu dekat PDRI akan launching inkubator bisnis.Tujuannya untuk memfasilitasi setiap Dosen di perguruan tinggi khususnya anggota PDRI agar kualitas, profesionalisme dan kesejahteraannya meningkat.

“Kami juga igin setiap dosen yang tergabung dalam PDRI diharapkan mampu memperkuat jejaring dengan sesama dosen perguruan tinggi lainnya dan dunia usaha, sehingga mendorong pengembangkan Inkubator bisnis,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, pembicara seminar lainnya Founder PT Inovasi Semesta Ilmu (INOSI), Haitan Rachman menambahkan, Indonesia masih lemah dalam manajemen inkubasi bisnis seperti bidang IT, pangan, bahasa, energi, fashion dan lainnya, meskipun materi kuliah kewirausahaan sudah ada di perguruan tinggi.

“Alasannya sebagian besar perguruan tinggi memiliki keterbatasan sarana dan prasarana untuk mengembangkan inkubasi bisnis dari hasil penelitian dan pengembangan,” ujarnya.

Sejauh ini, sambung dia, penelitian masih berorientasi pada publikasi ilmiah dan belum optimal mengarah ke komersial. Ada tiga titik Lemah inkubator bisnis di Indonesia yaitu startup bisnis, incubator bisnis dan investor bisnis.

“Artinya perlu dikembangkan pelaku bisnis-bisnis baru. Mudah-mudahan kedepannya dengan program-program yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan baik,”
ungkapnya.

Dalam kegiatan seminar itu juga dengan Musyawarah Wilayah. Ismaul Husni dari Universitas Pasundan terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum PDRI Jabar, Wakil Ketua terpilih Asep Hidayat dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sedangkan Sekretaris Umum terpilih Ceceng Salamudin dari STAI Almusaddadiyah Garut.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …