Ketinggian Ombak Pantai Selatan Berangsur Normal, Nelayan Kembali Melaut

Para nelayan siap melaut di Pangandaran. Foto:radartasikmalaya

Para nelayan siap melaut di Pangandaran. Foto:radartasikmalaya

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – Ketinggian ombak di pesisir pantai selatan Tasikmalaya kembali normal, Sabtu (28/7). Ketinggian ombak hanya 1,5 meter. Sebelumnya dalam sepekan terakhir, ketinggian ombak mencapai 3,5 hingga 6 meter.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya EZ Alfian mengatakan, ketinggian ombak mulai berangsur normal. Masyarakat yang sebelumnya dievakuasi sudah kembali ke rumah masing masing.

“Dari pantaian tim Satgas dan informasi dari BMKG, ketinggian ombak kini hanya 1,5 meter,” papar Alfian, Sabtu (28/7/2018).

Meskipun warga sudah meninggalkan lokasi evakuasi, namun tenda darurat diintruksikan tidak dibongkar. Hal ini guna mengantisipasi jika terjadi kembali ombak tinggi.

“Kami BPBD tetap siaga di sepanjang pesisir pantai selatan. Mudah mudahan kedepan tidak ada apa-apa. Dengan normalnya ombak ini nelayan sudah bisa melaut,” papar Alfian.

Ombak tinggi yang terjadi sepekan terakhir itu lanjut Alfian tidak menimbulkan kerusakan pada bangunan warga. Meskipun diakui, air laut memasuki pemukiman warga.

“Alhamdulilah tidak ada kerusakan bangunan, tidak ada korban jiwa. Paling rumah ada yang kecipratan air laut saja,” kata Alfian.

Sementara itu, ketua rukun nelayan Pamayangsari Kecamatan Cipatujah Sana Sopyana mengatakan, para nelayan sebagian sudah melakukan aktivitas mencari ikan. Namun ada sebagian nelayan lainnya yang masih belum melaut.

“Sebagian ada yang sudah melaut, tapi ada juga yang masih menyiapkan keperluan melaut. Kalau kemarin waktu ombak tinggi kita hanya berdiam diri,” pungkas Sana.

(rmoljabar/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds