Nani Pahlawan JKN bagi Regina

Nani dan Regina

Nani dan Regina

POJOKBANDUNG.com, SOREANG –  Pertemuan peserta JKN-KIS yang belum menggunakan manfaatnya dan yang sudah menggunakannya menjadi paham kegunaan dan tujuan BPJS Kesehatan.


Seperti pertemuan antara Nani, seorang Pengajar di salah satu Yayasan di Kabupaten Bandung sebagai peserta JKN-KIS yang rajin membayar iuran namun belum pernah menggunakannya dan Regina yang mengidap penyakit kanker payudara sejak tahun 2009 sebagai peserta JKN-KIS yang sering menggunakan manfaatnya.

Awalnya mereka tidak saling kenal, berbeda alamat tinggal pula, tapi setelah tim BPJS Kesehatan Cabang Soreang berkunjung ke rumah Nani, serta mengajaknya untuk menemui Regina yang beralamat di taman rahayu, akhirnya Nani sangat antusias sekali untuk bertemu dengan peserta JKN-KIS yang mengidap penyakit kanker tesebut.

Sore hari kala itu, tim beserta Nani sudah tiba di depan rumah Regina, sebelumnya Regina tidak mengetahui kalau tim BPJS Kesehatan akan datang dengan Nani sebagai peserta JKN-KIS juga.

Disambutnya dengan hangat oleh Regina untuk mempersilahkan tim dan Nani memasuki rumahnya.

Saat ini kondisi Regina sudah mulai membaik namun masih tetap rutin dilakukan pemeriksaan seminggu sekali. Dari sejak tahun 2009 Regina sudah merasakan sakit di bagian payudaranya. Setelah diperiksa ternyata di diagnosis mengidap penyakit kanker payudara. Waktu itu Regina memakai Jamsostek karena dulu masih menjadi karyawan. Namun menurutnya biaya yang ditanggung belum semuanya.

“Semenjak ada BPJS Kesehatan, puji Tuhan semua biaya di tanggung, dengan biaya 1 kali kemoterapi sebesar 25 juta sedangkan saya sudah menjalani sebanyak 12 kali, dengan total 300 juta,” katanya.

Berbagai pengalaman diceritakan Regina kepada Nani pada saat awal sakit, pada saat menjalani proses pengobatan hingga saat ini, Regina selalu terlihat ceria dan penuh semangat, saat ditemui jumat (27/18)

“Saya selalu teringat sebuah kalimat dari dokter yang menangani saya, yang mengatakan, sebanyak apapun uang, secanggih apapun obat, percuma kalau pasiennya tidak semangat. Itu saja yang saya pegang, semangat, jalani prosesnya sesuai ketentuan dan bersabar”, ujar Regina bercerita ke Nani.

Seusai menceritakan pengalaman Regina, Nani mengatakan sangat bersyukur bisa dipertemukan dengan Regina sebagai sesama peserta JKN-KIS namun kondisinya berbeda dengan Nani yang sehat.

“Saya juga peserta JKN-KIS tapi saya bersyukur belum pernah menggunakan, namun dengan adanya program JKN-KIS ini saya bisa melihat langsung bagaimana rasa gotong royong itu tersalurkan berkat dipertemukannya dengan Ibu Regina”, ujar Nani

Seketika itu sontak Regina memeluk Nani sambil mengucapkan rasa terima kasihnya telah dibantu oleh peserta JKN-KIS salah satunya Ibu beranak 2 ini, yaitu Nani.

“Terimakasih Ibu, jadi selama ini yang membantu biaya pengobatan saya itu salah satunya Ibu Nani, terima kasih banyak ibu, ibu adalah pahlawan JKN-KIS saya,” ucap Regina sambil memeluk Nani.

 (apt)

Loading...

loading...

Feeds