Duh… Ratusan KK di Sukamulya Bandung Barat Konsumsi Air Rawa

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIPONGKOR – Ratusan kepala keluarga (KK) di Desa Sukamulya, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengalami krisis air bersih. Kejadian tersebut sudah tiga bulan, sehingga warga terpaksa mencari air ke sumber mata air yang jaraknya jauh atau menyaring air rawa-rawa yang kondisinya kotor.


Krisis air bersih yang paling parah terjadi di sebagian wilayah Desa Sukamulya yang mencakup delapan kampung. Yakni, Kampung Wareng, Pasar lama/Cigombong, Cipeuteuy, Cikemang, Cibanteng, Cicangkang, Citamiang, dan Cikawung/Ciimba.

“Kondisi krisis air bersih ini sudah berlangsung tiga bulan. Semua sumur warga di sini sudah mengering,” ujar Kepala Dusun 1 Kampung Cikemang Yopi Alamsyah, Kamis (26/7/2018).

Yopi mengemukakan, kondisi kekeringan ini setiap tahun selalu terjadi di wilayahnya ketika musim kemarau melanda. Ironisnya tidak pernah ada bantuan dari pemerintah daerah untuk mengatasi persoalan yang membuat warga menderita. Mengingat air bersih adalah sumber dari aktivitas sehari-hari warga, seperti untuk memasak, minum, dan mandi.

Untuk mendapatkan air, ujar dia, warga terpaksa harus mencari sumber mata air yang masih tersisa. Akan tetapi jaraknya yang cukup jauh antara 1-1,5 kilometer. Kondisi membuat warga kesulitan.

Sebab, selain jarak yang cukup jauh, mereka pun harus antre untuk mendapatkan air yang sebenarnya tak layak digunakan. Mereka pun hanya mampu membawa air dalam jumlah terbatas menggunakan ember dan jeriken.

Jika sebulan lagi hujan masih belum turun, dia memprediksi sumber air yang saat ini masih ada, bisa ikut mengering.

“Kalau di sini setiap musim kemarau warga krisis air. Sedangkan saat musim hujan persoalan yang muncul air sumur kerap tidak bisa dikonsumsi karena sering tercampur dengan air sawah yang meluap,” tandasnya.

Ia menuturkan, warga berharap pemerintah memberikan bantuan sumur bor dengan jaringan pipa ke perkampungan warga. Jika tidak ada sumur bor, persoalan krisis air bersih akan tetap menjadi masalah berulang setiap tahun.

“Bantuan sumur bor bisa mengatasi persoalan ini. Bahkan bagi wilayah tetangga yang juga merasakan masalah kesulitan air bersih,” pungkas Yopi.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …