4 Anak Muda Jabar Bakal Bernyanyi di Pembukaan Asian Games 2018

4 finalis Gita Bahana Nusantara tingkat Jabar. Foto:galamedia

4 finalis Gita Bahana Nusantara tingkat Jabar. Foto:galamedia

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – 4 orang berhak mewakili Jawa Barat di tingkat nasional sebagai anggota paduan suara Gita Bahana Nusantara pada peringatan Hari Kemerdekaan, 17 Agustus di Istana Negara Jakarta, 17 Agustus 2018 nanti.


Keempat orang ini mampu menyisihkan 46 peserta lainnya dari seluruh wilayah Jawa Barat pada seleksi Gita Bahana Nusnatara tingkat Jabar, akhir pekan lalu.

Keempat orang itu, yakni Gema June Patricia Kab Cianjur (Alto), Alvin Maulana Putra Kota Sukabumi (Bass), Pascalia Lucerita Kota Depok (Sopran), dan.Samuel Gabriel Kadiman  Kota Depok (Tenor). Mereka harus bergabung dengan seluruh peserta Gita Bahana Nusantara dari seluruh Indonesia di Jakarta pada 1 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Ida Hernida menyebutkan, keempat orang ini memang yang terbaik di setiap jenis suara. Rata-rata mereka, lanjut Ida, sudah mengikuti seleksi Gita Bahana Nusantara dua hingga kita kali.

“Sehingga mereka tahu kualitas dirinya masing-masing dan kualitas peserta lainnya. Apalagi mereka telah mempersiapkan diri dengan mengikuti les vokal di daerahnya masing-masing,” ujar Ida pada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (24/7/2018).

Menurut Ida, seluruh anggota Gita Bahana Nusantara ini, rencananya akan diikutkan pada opening seremony Asian Games ke-18 di Gelora Bung Karno, Jakarta, 18 Agustus mendatang.

Sebelumnya mereka akan tampil pada acara kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI pada tanggal 16 Agustus 2018 dan pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2018, di Istana Merdeka RI.

“Tentunya ini menjadi pengalaman tersendiri dan eksklusif bagi seluruh peserta Gita Bahana Nusantara dan mungkin akan dikenang sepanjamng hidupnya,” ujarnya.

Menurut Ida, kegiatan Gita Bahana Nusantara merupakan kegiatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mencari bibit-bibit unggul dalam olah vokal paduan suara. Untuk pencariannya dilakukan audisi di setiap daerah di Indonesia, termasuk di Jawa Barat.

“Untuk wilayah Jawa Barat kami telah melakukan audisi pada pertengahan Juli lalu di empat wilayah Jabar. Dari sekitar 150 peserta yang ikut audisi, sekitar 50 orang berhak mengikuti audisi tingkat Jabar. Hasilnya ada empat orang terbaik yang lolos ke tingkat nasional,” terangnya.

Saat ini, keempat yang lolos tersbeut dikembalikan ke kabupaten kota masing-masing untuk ditingkatkan kemampuannya, terutama dalam membaca partitur, not balok dan lagu-lagu nasional.

“Pasalnya, di tingkat nasional seluruh peserta akan digembleng kekampuannya membaca partitur dan not balok serta masalah teknis lainnya,” tambahnya.

Sementara bagi 46 peserta yang tidak lolos ke tingkat nasional Ida berharap bisa dilibatkan dalam upacara hari kemerdekaan RI tingkat Jabar. Pasalnya, kemampuan mereka dalam olah vokal tidak diragukan lagi.

“Tinggal ada kemauan dari bagian sekretariat daerah (Setda) Jabar untuk menggunakan mereka sebagai paduan suara HUT Kemerdekaan RI. Selama ini paduan suara HUT Kemerdekaan RI tingkat Jabar selalu menggunakan paduan suara dari Unpad. Peadahal Pemprov Jabar sendiri memiliki kelompok paduan suara yang seleksi setiap tahun,” paparnya.

Menurut Ida, setiap tahun ada 46 alumni Gita Bahana Nusantara, sementara seleksinya sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.
“Kami hanya bisa menyediakan orang-orang terpilih, sekarang tinggal menunggu dari sekretariat daerah mau menggunakan jasa mereka atau tidak,” ujarnya.

(galamedia/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds