Masa Kepemimpinan Ridwan Kamil, Realisasi Anggaran Bidang Sosial Capai 66 %

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG -Selama lima tahun kepemimpinan Walikota dan wakil walikota Bandung Ridwan Kamil dan Oded M Danial, realisasi anggaran di bidang sosial sebesar 66,58 % dari anggaran Rp216.558.443.004.

“Alokasi anggaran untuk Dinas Sosial di Kota Bandung itu sangat minim, dibandingkan dengan anggaran pembangunan taman,” ujar Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung, Salmiah Rambe.

Menurut catatan Salmiah, pada 2017 anggaran belanja langsung di Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung hanya Rp90 milyar.

“Itu merupakan jumlah yang sedikit untuk menangani kemiskinan di Kota Bandung. Terlebih jika dibandingkan dengan alokasi untuk pembangunan taman setiap tahunnya,” papar Salmiah.

Salmiah mengakui, anggaran bukan satu-satunya hal yang menjadi dasar penanggulangan kemiskinan. Namun, tetap merupakan faktor penting.

“Menuru saya, Pemkot Bandung lebih ingin kotanya tampil cantik ketimbang tampil baik,” tambahnya.

Disamping itu, ketidaksingkronan data di setiap dinas yang berpartisipasi dalam penanggulangan kemiskinan. Menurut Salmiah, ini merupakan masalah secara nasional.

“Masalah tidak singkronnya data merupakan masalah nasional. Tapi, kita kan tetap harus bisa menangani itu,” tegasnya.

Jika Pemkot Bandung ingin benar-benar menanggulangi masalah kemiskinan, selain meningkatkan anggaran agar bisa memadai, juga harus punya program cukup baik.

“Pemkot Bandung harus punya program agar warganya punya mental berusaha dan bekerja keras, untuk memperbaiki diri. Jangan hanya ingin diberi saja,” terangnya.

Salmiah membandingkan penanggulangan kemiskinan di Kota Malang, yang melakukan pendampingan kepada warga tidak mampu, sehingga mereka mempunyai penghasilan secara mandiri.

“Jadi untuk warga miskin, selain pelatihan, dan permodalan, mereka butuh pendampingan untuk bisa mandiri. Pendampingan itu harus dilakukan bertahun-tahun, agar bisa membangun karakter,” paparnya.

Salmiah mengatakan, Pemkot Bandung juga harus punya program semacam itu, agar pengentasan kemiskinan bisa maksimal.

(mur)

loading...

Feeds

uji coba

Uji Coba Trayek Tetap Akan Dilakukan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Rencana uji coba trayek Angkutan Kota (Kota) Umum baru, belum mendapat persetujuan dari pihak ojek pangkalan. Sebab, …