Hj Ratieh Sanggarwaty Komitmen Memajukan UMKM  di Kabupaten Sumedang

Anggota Komisi X DPR RI Hj Ratieh Sanggarwatie (kiri) komitmen memajukan bidang UMKM

Anggota Komisi X DPR RI Hj Ratieh Sanggarwatie (kiri) komitmen memajukan bidang UMKM

POJOKBANDUNG.com, JATINANGOR – Potensi bidang usaha menengah kecil mikro (UMKM) di Kabupaten Sumedang sangat besar. Hal itu ditandai dengan banyaknya pelaku UMKM di masing-masing daerah di Sumedang yang memiliki produk-produk unggulan dari mulai makanan, aneka kerajinan dan lainnya.

Namun, sayangnya, para pelaku UMKM ini belum bisa mengembangkan usahanya hingga luas terutama dalam permodalan dan memperluas pemasaran dikarenakan masih ada pelaku UMKM di Sumedang belum berbadan hukum.

Demikian disampaikan Anggota Komisi X DPR RI Hj Ratieh Sanggarwaty saat mengisi kegiatan sosialisasi dan fasilitasi pendirian badan hukum yang bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, Senin (23/7/2018) di Hotel Sahid Skyline Jatinangor.

Dalam acara yang dihadiri 100 orang peserta dari pelaku usaha UMKM di Sumedang, dalam pemaparannya Hj Ratieh, menekankan pentingnya UMKM di Sumedang memiliki badan hukum.

“Pentingnya UMKM untuk berbadan hukum itu agar terbuka akses untuk mendapatkan program pemberdayaan dari pemerintah,” ujar Ratih, kemarin.

Anggota dewan asal Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) Dapil Jawa Barat IX (Sumedang Majalengka Subang) ini mengungkapkan sulit bagi pemerintah memberikan bantuan program, baik itu permodalan maupun peralatan apabila kelompok UMKM belum memiliki wadah atau badan hukum.

“Jadi sangat sulit tersentuh apabila tidak berbadan hukum,” tukasnya.

Sementara itu Bupati Sumedang terpilih H Dony Ahmad Munir yang juga mantan anggota DPR RI ini mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi yang diperuntukan bagi para pelaku UMKM di Sumedang.

Dony menuturkan di Kabupaten Sumedang ini banyak berdiri sentra-sentra UMKM yang sangat potensial jika terus didampingi dan difasilitasi oleh pemerintah termasuk dalam hal ini DPR RI dan Bekraf Indonesia.

“Sangat bagus acara ini karena akan bermanfaat bagi para pelaku UMKM di Sumedang yang sangat potensial. Jika terus dikembangkan dan diberikan kemudahan seperti ini insya Alloh geliat ekonomi sektor UMKM ini terus maju dan berkembang, dan tentunya berdampak positif dalam roda ekonomi daerah,” ujar Dony.

(rik)

loading...

Feeds

Bos Persib Resmi Mundur dari LIB

Bos Persib Bandung, Glenn Sugita dan Berlinton Siahaan resmi mundur dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). Itu mereka umumkan saat …

Ponpes Ulumuddin Kawal Kondusifitas Pemilu

Dalam upaya menyukseskan gelaran Pemilu tahun 2019, pihak penyelenggara dan aparat keamanan di setiap daerah, dipastikan mendapat porsi lebih saat menjalankan tugasnya, …