Buntut OTT Kalapas Sukamiskin, Yasonna Copot Kakanwil Kemenkumham Jabar

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Foto:jawa pos

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Foto:jawa pos

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly secara resmi mencopot Kepala kantor wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Indro Purwoko, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Jawa Barat, Alfi Zahri Kiemas.

Pencopotan itu buntut peristiwa operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK terhadap Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen.

“Secara institusi kami mengevaluasi maka per hari ini saya memberhentikan Kakanwil Jabar Indro Purwoko. Kadivpas Jabar Alfi Zahrin, saya baru saja tandatangani surat keputusan Kakanwil dan Kadivpas ini,” ujar Yasonna Laoly dalam keterangan persnya di Kementerian Hukum dan HAM, Senin (23/7/2018).

Kedua orang tersebut merupakan atasan dari Wahid Husen. Yasonna menyebut pencopotan dilakukan agar menjadi pembelajaran bagi atasan untuk lebih mengawasi anak buahnya.

Atas pencopotan itu, Yasonna menyebut telah menunjuk sejumlah nama sebagai pengganti Indro dan Alfi Zahrin. Sebagai pengganti Indro, Yasonna secara resmi menunjuk Kepala Divisi Administrasi Kakanwil Jawa Barat, Dodot Adi Koeswanto.

Sementara itu, Pelaksana Harian (PLH) Kalapas Sukamiskin akan diisi oleh Kusnali. “Plh Kadivpas Jabar dijabat Kalapas Cirebon Agus Irianto. Plh Sukamiskin adalah Kepala Lapas Klas II A Banceuy Bandung namanya Kusnali,” ucap Yasonna.

Penyidik saat ini sudah menetapkan 4 orang sebagai tersangka dalam dugaan suap terhadap Kalapas Sukamiskin. Keempat orang yang jadi tersangka dalam kasus ini ialah Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, staf Wahid bernama Hendry Saputra, dan dua napi yakni Fahmi Darmawansyah serta Andri Rahmat.

Wahid dan Hendry diduga menerima suap dari Fahmi dan Andri berupa dua mobil dan uang sebesar Rp 279 juta serta USD 1.410. Diduga, suap itu terkait pemberian fasilitas di dalam lapas Sukamiskin serta izin keluar masuk tahanan.

(kumparan/pojokbandung)

loading...

Feeds

bandung

Aset Koperasi Capai Rp13 Triliun

POJOKBANDUNG.ID, BANDUNG – Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan aset koprasi di Kota Bandung mencapai Rp13 triliun. Besaran nilai tersebut …

XL Axiata Pastikan Kemampuan Jaringan Data Meningkat

XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama dengan Vocus Group dan Alcatel Submarine Networks telah berhasil menyelesaikanproyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut(SKKL) Australia-Indonesia-Singapura. Proyekpembangunan yang dimulai sejak Desember 2017 tersebut telah selesai pada kuartal ketiga 2018 dan langsung dimanfaatkan awal Oktober 2018. 

SOYJOY Ajak Ahli Gizi Update Keilmuan

Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang berkomitmen sejak dulu untuk memproduksi produk-produk sehat yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat banyak.

Persib Vs Arema, Akhir tanpa Pemenang

Persib Bandung bertarung  melawan Arema FC di leg pertama 16 besar Piala Indonesia. Maung Bandung sempat unggul lebih dulu, sebelum akhirnya Arema …