Mensos Ajak Masyarakat Jadi Peserta JKN-KIS

Menteri Sosial Idrus Marham berfoto bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang Irmajanti Lande Batara menyosialisasikan kartu JKN-KIS

Menteri Sosial Idrus Marham berfoto bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang Irmajanti Lande Batara menyosialisasikan kartu JKN-KIS

POJOKBANDUNG.com, SOREANG –  Menteri Sosial Idrus Marham mewisuda delapan Desa Sejahtera Mandiri (DSM) di Jawa Barat, Kamis (19/7/2018). Lima desa diantaranya berasal dari Kabupaten Bandung, yakni Desa Ciburial kecamatan Cimenyan, Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi, Desa Maruyung Kecamatan Pacet, Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey dan Desa Margamukti dari Kecamatan Pangalengan, sementara 3 lainnya berasal dari daerah lain.

Idrus menjelasan, DSM adalah desa yang berkemampuan memenuhi kebutuhan dasar bagi warganya, memenuhi hak dasar bagi warganya, melindungi warganya dari berbagai resiko sosial dan ekonomi yang dirasakan serta memelihara kearifan lokal. Seperti halnya Desa Ciburial yang merupakan Desa Percontohan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menuju Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2019. Saat ini masyarakat yang sudah mendaftar menjadi peserta JKN-KIS di Desa Ciburial mencapai 7.187 jiwa.

Dalam acara tersebut, BPJS Kesehatan juga turut hadir untuk melayani pendaftaran, perubahan faskes maupun tata cara menggunakan aplikasi Mobile JKN. Kehadiran BPJS Kesehatan pada acara Wisuda Desa Sehahtera Mandiri merupakan suatu apresiasi BPJS Kesehatan bagi Desa yang secara administrasi telah banyak mendaftarkan masyarakatnya menjadi peserta JKN-KIS. Di dukung pula oleh aparatur Desa Ciburial yang selalu menghimbau masyarakatnya yang belum mendaftar untuk segera mendaftar menjadi peserta JKN-KIS.

Ketika acara resmi selesai, Mensos yang didampingi oleh pejabat lainnya termasuk Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengunjungi setiap stand di sana. Ketika berkunjung ke Posko BPJS Kesehatan tampak masyarakat yang antusias berkumpul di Posko dengan segala keperluannya terkait BPJS Kesehatan.

Irmajanti Lande Batara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang menjelaskan berbagai informasi terkait kepesertaan sampai penggunaan aplikasi Mobile JKN.

“BPJS Kesehatan punya aplikasi Mobile JKN, yang bisa didownload melalui Google Playstore untuk pengguna Android serta App Store bagi pengguna Iphone. Suatu aplikasi yang bermanfaat sekali bagi peserta, jadi kini untuk pendaftaran, perubahan faskes, maupun informasi JKN-KIS semua ada dalam genggaman dan tidak perlu repot harus datang ke kantor,” jelas Irmajanti kepada Mensos dan jajarannya.

Mensos pun menghimbau kepada masyarakat yang hadir untuk segera mendaftarkan menjadi peserta JKN-KIS. “Bapak Ibu mumpung ada Posko BPJS Kesehatan disini, ayo segera berbondong-bondong daftar jadi peserta JKN-KIS, kalau sudah tidak ada Poskonya jangan khawatir masih ada aplikasi Mobile JKN untuk melakukan pendaftaran,” ucap Idrus Marham kepada masyarakat.

 (apt)

loading...

Feeds

Bos Persib Resmi Mundur dari LIB

Bos Persib Bandung, Glenn Sugita dan Berlinton Siahaan resmi mundur dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). Itu mereka umumkan saat …

Ponpes Ulumuddin Kawal Kondusifitas Pemilu

Dalam upaya menyukseskan gelaran Pemilu tahun 2019, pihak penyelenggara dan aparat keamanan di setiap daerah, dipastikan mendapat porsi lebih saat menjalankan tugasnya, …