Taklukan Kroasia 4-2, Prancis Juara Piala Dunia 2018

Antoine Griezmann (Prancis)

Antoine Griezmann (Prancis)

POJOKBANDUNG.com, MOSKOW – Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 Rusia setelah di babak final menang 4-2 atas Kroasia. Pertandingan di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam WIB itu diwarnai gol bunuh diri, penalti dan blunder fatal Hugo Lloris.

Kroasia yang sejak awal tidak terlalu diunggulkan pada laga ini tampil cukup percaya diri di awal laga. Setidaknya 15 menit pertama, mereka terus menekan pertahanan Les Blues.

Namun peluang pertama Prancis pada menit 18 langsung berbuah gol. Tendangan bebas Antoine Griezmann coba dihalau Mario Mandzukic dengan sundulan. Nahas, bola malah bergulir masuk ke gawang sendiri. 1-0 Prancis unggul.

Kroasia mampu menyamakan skor pada menit 28. Kemelut di depan gawang Lloris, Vida memberukan umpan pendek kepada Ivan Perisic yang kemudian melepaskan tendangan keras menghujam ke gawang Prancis. 1-1 skor sama kuat.

Sayang, Perisic justru membuat kesalahan pada menit 39. Antisipasi umpan sepak pojok kurang baik sehingga bola menyentuh tangannya di kotak terlarang.

Insiden ini sempat diwarnai protes dari pemain Prancis. Dan wasit menyetujui untuk meminta bantuan VAR. Hasilnya, penalti untuk Prancis.

Griezmann yang maju sebagai algojo menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Kiper Kroasia, Danijel Subasic bergerak ke arah yang salah. Prancis unggul 2-1, bertahan hingga babak pertama usai.

Dua menit babak kedua berjalan, Ante Rebic nyaris membuat skor kembali imbang andai sepakannya di dalam kotak penalti tidak ditepis Lloris.

Kylian Mbappe hampir saja menggandakan keungulan Prancis pada menit 51. Dari skema serangan balik, penyerang sayap Paris Saint-Germain itu berlari cepat ke dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan keras yang masih bisa digagalkan kaki Danijel Subasic.

Strategi bertahan dan mengandalkan serangan balik yang diterapkan Didier Deschamps pada laga ini benar-benar efektif.

Pada menit 59, Paul Pogba menggandakan keungulan Prancis setelah sepakan kerasnya membuat Subasic hanya bisa melongo melihat gawangnya kebobolan untuk kali ketiga. 3-1 Prancis unggul.

Prancis semakin di atas angin. Pada menit 65, kembali dari situasi serangan balik, Lucas Hernandez mengirim umpan kepada Mbappe.

Pemain 19 tahun itu kemudian melepaskan tendangan keras menyusur tanah dari luar kotak penalti. Subasic lagi-lagi hanya bisa melongo melihat gawangnya kebobolan untuk kali keempat.

Kroasia sempat memperkecil ketinggalan pada menit 69 setelah Lloris melakukan blunder fatal. Mencoba mengelabui Mandzukic, bola malah mengenai kaki penyerang Juventus itu dan bergulir masuk ke gawang Prancis. 4-2 skor sementara.

Gol yang membuat semangat anak asuh Zlatko Dalic kembali meningkat. Sayang di sisa waktu yang ada, Kroasia tak mampu lagi mencetak gol tambahan.

Skor akhir 4-2 untuk Prancis tidak berubah. Tim berjuluk Ayam Jantan itu pun keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 Rusia, turnamen sepak bola terakbar edisi ke-21.

Ini merupakan gelar Piala Dunia kedua bagi Prancis, setelah sebelumnya jadi kampiun saat jadi tuan rumah edisi 1998.

Sementara bagi Kroasia, meski gagal jadi juara, lolos ke final Piala Dunia 2018 merupakan catatan terbaik sepanjang sejarah negara Eropa Timur ini.

(fat/pojoksatu)

loading...

Feeds