Peneliti ITB Kembangkan Pemanis dari Tanaman Stevia

 tanaman stevia

tanaman stevia

Namun demikian, pemda setempat akan memberikan dukungan untuk menjadikan stevia sebagai unggulan daerah dan akan memfasilitasi penyediaan lahan, bila stevia akan ditanam pada skala besar untuk mendukung industri yang memproduksi GS sebagai pemanis alami.


“Sepanjang yang saya ketahui, di daerah Ciwidey, jika ingin menanam stevia dalam skala komersial banyak lahan-lahan yang bisa disewa. Saat ini di sana sudah ada tanaman Stevia akan tetapi karena belum ada industri yang membutuhkan tanaman stevia dalam kuantitas besar, petani belum tertarik untuk menanam pada lahan yang luas. Daun stevia yang dihasilkan dari lahan yang ada saat ini, baru dikeringkan dan dijual sebagai daun stevia kering oleh petani” sambung Emran.

Emran menceritakan, proses Ekstraksi Stevia termasuk ke dalam family asteracaeae (compositae). Tanaman ini berbentuk perdu dengan tinggi 60-90 cm, bercabang banyak, berdaun tebal hijau dan berbentuk lonjong memanjang, batang kecil dan berbulu. Proses ekstraksi daun stevia tidaklah sulit. Daun hasil panen yang telah dipetik petani kemudian disortir dan dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering lalu dirontokkan daunnya dari tangkai.

Kemudian kata dia, proses dilanjutkan penghancuran menggunakan mesin agar lebih halus berbentuk bubuk. Baru dilakukan proses ekstraksi, dengan berbagai teknik, seperti ada yang menggunakan air terlebih dahulu atau pelarut lain yang diizinkan untuk pengolahan pangan. Selanjutnya yaitu proses pemurnian dan pengkristalan menjadi serbuk GS yang berwarna putih.

“Semua hasil penelitian ini sudah dilaporkan dan diserahkan ke Kementerian Kesehatan sebagai pemberi dana. Untuk tindak lanjut produksi stevia pada skala komersial, Kementrian Kesehatan akan memfasilitasi bila ada industri yang berminat. Oleh sebab itu kami berharap ada industri yang berminat dan bisa menindaklanjuti hasil penelitian ini,” pungkasnya.

(azs)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …