10 Kepala Keluarga Jalan Tera, Kelurahan Braga Dievakuasi

Kebakaran di Jalan Tera, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung. Foto: azis zulkhairi/pojokbandung

Kebakaran di Jalan Tera, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung. Foto: azis zulkhairi/pojokbandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sebanyak 10 Kepala Keluarga (KK) dievakuasi selama terjadi kebakaran di Jalan Tera, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kebakaran diduga diakibatkan dari api kompor salah satu warga.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) Kota Bandung,  Ferdi Ligaswara mengatakan, pihaknya menerima laporan pada jam 14:45 WIB melalui call senter 022113 kemudian secara geografis lokasi kebakaran sulit diakses melalui unit Damkar. Sehingga Damkar menggunakan pola urai saluran.

“Urai saluran kami buat dengan empat titik dan urai selang api pun dapat di kendalikan,”ujar Ferdy di Jalan Tera, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (9/7/2018).

Petugas Damkar berjibaku memadamkan api di Jalan Tera, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung. Foto: azis zulkhairi/pojokbandung

Ferdy mengatakan, pemadaman juga bisa diselesaikan akibat adanya bantuan dari pihak Apartmen Teran Tamansari (ATT) yang menjalankan langsung hydran dari dalam ruangan, sehingga akses air semakin mudah untuk memadamkan api.

“ATT memiliki hydran yang berfungsi dan memiliki cukup tekanan bar bagi pemadaman sehingga petugas terbantu,”ungkapnya.

Menurutnya, medan yang dihadapi adalah rumah petak dengan keadan sekat, sehingga jumlah total kurang lebih korban 10 KK dan tidak terdapat korban jiwa.

“Alhamdulilah bisa diminimalisir dengan keadan cuaca tadi yang kencang kanan kiri belakang struktur bangunan, dibagi tiga, satu pemadaman kedua pemblokiran sehingga tidak merembet kemudian evakuasi nyawa dan hewan dan hal lain yang masih bisa disalamatkan,”sambungnya.

Ferdy kembali mengapresiasi bantuan ATT dengan alat proteksi handal tidak hanya sebagai aksesoris. Sehingga bisa menjadi contoh untuk bangunan tempat lain menyediakan perlengkapan pemadam.

Lanjut Ferdy, sumber api diindikasikan dari kompor gas, selain kasus ini sebelumnya ada beberapa juga didaerah sini intensitas kebakaran juga cukup tinggi.

Sementara, Manager unit ATT, Dede Saefuddin mengatakan, sampai pada api padam, ATT tidak ada kerugian secara materil, beberapa hanya percikan api yang awalnya diduga sampai pada lantai 8 semtara teratasi.

“Memang ada percikan dan itu sidah teratasi, jadi permasalahanya unit tersebut pintunya terbuka kemudian panas dan keluar semua orangnya,”kata Dede.

Dede mengatakan, dalam penanganan ATT tetap menggunakan standar oprasional, semua penghuni diefakuasi turun keluar kemudian keluarkan alat pemadam untuk membantu. Sehingga ada pertolongan cepat dan saling bersinergi.

“Untuk keadan bullding semua aman, tidak ada terjadi apa-apa, alhamdulilah,” kata Dede.

Untuk diketahui, beberapa keterangan warga setepat kebakaran mulai terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. api berasal dari rumah kontrakan yang dihuni pedagang pecel lele. Selain berdekatan dengan ATT, lokasi lebakaran juga dekat dengan kantor Depo Arsip Pemwrintah Jawa Barat, api bisa dipadamkan pada pukul 15:00 WIB, kemudian damkar melakukan pendinginan.

 (azs/pojokbandung)

loading...

Feeds

PKB Polisikan Ustad Yahya Waloni

Sekjend PKB Abdul Kadir Karding melaporkan Ustad Yahya Waloni ke Bareskrim karena pernyataannya dianggap menghina Megawati Soekarnoputri, Ma’ruf Amin dan …

Kasus Narkotika Turun, Tersangkanya Membeludak

Makin banyak orang yang terjerat bandar narkotika. Jumat (21/9) Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipid Narkoba) Bareskrim mengungkapkan adanya kenaikan jumlah …