Dishub Kota Cimahi Pasang Traffic Counting di 10 Ruas Jalan

Petugas Dishub Kab Bandung mencatat kendaraan pemudik yang melintas di Jalur Nagreg, Kab Bandung, Selasa (20/6). FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

Petugas Dishub Kab Bandung mencatat kendaraan pemudik yang melintas di Jalur Nagreg, Kab Bandung, Selasa (20/6). FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan Kota (Dishub) Kota Cimahi berencana memasang traffic counting atau alat penghitung jumlah kendaraan di 10 ruas jalan dengan tingkat kepadatan tinggi.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi Endang mengatakan, traffic counting berfungsi mengukur volume kepadatan kendaraan sehingga hasilnya menjadi tolak ukur maupun rujukan solusi kemacetan.

“Sebetulnya alat itu membantu kami menganalisa potensi kemacetan dan status jalan, dari situ kita tentukan tindakan apa yang dilakukan untuk mengurau kemacetan,”ungkap Endang, Jumat (6/7/2018).

Alat ini, papar dia, memudahkan Dishub melakukan kajian status arus lalu lintas dan menentukan upaya dan tindakan apa yang dinilai efektif menyelesaikan permasalahan lalu lintas Kota Cimahi.

“Kalau misalnya titik volume lalu lintasnya terlihat memang perlu rekayasa, kita akan lakukan rekayasa, atau (dengan) penambahan rambu,” jelasnya.

Diproyeksikan traffic counting tersebut akan digunakan di 10 ruas jalan yang memiliki tingkat kepadatan. Seperti Jalan Kebon Kopi, Demang Hardjakusumah, Parmindo dan lain-lain.

“Itu simpul-simpul yang dianggap arus lalu lintasnya tinggi, padat,” tandasnya.

(rmoljabar/pojokbandung)

loading...

Feeds

Kapolri Puji Inovasi Bank Bjb

Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang mempelopori inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor …