Kisah Heni, Hemodialisa dan JKN-KIS

Heni Hartini (46) Warga Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung menunjukkan kartu JKN-KIS

Heni Hartini (46) Warga Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung menunjukkan kartu JKN-KIS

POJOKBANDUNG.com, SOREANG –  Heni Hartini (46) Warga Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung merasa terbantu pengobatannya berkat JKN-KIS. Pekerjaannya hanya sebagai ibu rumah tangga dan suami sebagai buruh serabutan tak khawatir dengan biayanya karena ditanggung BPJS Kesehatan.


Heni yang mempunyai 4 anak, 1 laki-laki, 3 perempuan sudah menjadi peserta JKN KIS sejak tahun 2014. Dulu Heni bekerja di perusahaan namun pada bulan Februari 2018, ia sudah tidak bekerja lagi dan kini menjadi peserta JKN KIS di kelas III, dengan membayar iuran sebesar Rp25.500/bulan.

“Saat ini saya menderita penyakit gagal ginjal, awalnya saya tidak menyangka ketika dokter menyatakan bahwa penyakit gagal ginjal. Mungkin ini merupakan takdir dari Allah SWT yang harus saya terima dengan ikhlas, dan sabar,” katanya.

Setelah mengetahui bahwa pemerintah mempunyai program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), ia merasa bersyukur alhamdulillah, karena Allah SWT memberikan pertolongan-Nya melalui BPJS Kesehatan yang sangat bermanfaat untuk menjamin kesehatan masyarakat, khususnya Heni.

“Dengan adanya BPJS kesehatan ini saya merasa terbantu, karena pengobatan gagal ginjal harus rutin dilakukan Hemodialisa dan saya tidak pernah mengeluarkan biaya sepeserpun karena semua nya di tanggung BPJS kesehatan,” ujar Heni Hartini.

Heni mengatakan, seandainya dia tidak ikut kepesertaan JKN-KIS bisa dibayangkan berapa besar biaya yang harus saya keluarkan. Walaupun dia terdaftar di kelas III, setiap bulan hanya bayar iuran Rp25.500 tapi manfaatnya sangat terasa sekali.

“Terima Kasih BPJS Kesehatan, terima kasih peserta JKN-KIS. Sungguh saya sangat terbantu,” tegas heni.

 (apt)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …