Alhamdulillah… Partisipasi Pemilih di Pilwalkot Bandung Meningkat Signifikan

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok. Foto:rmoljabar

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok. Foto:rmoljabar

Dari angka tersebut, 656.090 orang memilih pasangan calon (paslon) nomor 1 (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum), sebanyak 111.190 orang memilih paslon nomor 2 (TB Hasanuddin-Anton Charliyan). Sebanyak  359.267 orang memilih paslon nomor 3 (Sudrajat-Ahmad Syaikhu), dan 153.323 memilih paslon nomor 4 (Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi).

Untuk Pilwalkot, masyarakat Kota Bandung yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 1.305.872 orang, dengan surat suara sah sebanyak 1.266.830.

Sedangkan sisanya 39.042 surat suara tidak sah. Dari angka tersebut, 301.418 orang memilih paslon nomor 1 (Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat), sebanyak 330.730 orang memilih paslon nomor 2 (Yossi Irianto-Aries Supriatna), dan 634.682 orang memilih paslon nomor 3 (Oded M Danial-Yana Mulyana).

Menurut Rifqi, keberhasilan peningkatan partisipasi pemilih di Kota Bandung dipengaruhi oleh banyak faktor. Pertama, pesta demokrasi kali ini termasuk ke dalam Pilkada Serentak.

Dengan begitu, semua pihak menyampaikan informasi tidak hanya KPU Kota Bandung melainkan juga KPU Jawa Barat bahkan KPU pusat.

“KPU Kota Bandung berupaya keras melakukan sosialisasi dengan Pemkot Bandung secara optimal. Paslon pun berkampanye dengan  kreatif dan   menyampaikan program yang inovatif sehingga menarik warga untuk menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Atas pencapaian peningkatan partisipasi pemilih, KPU Kota Bandung berterima kasih kepada semua seperti  Pemkot Bandung, Panwaslu Kota Bandung, unsur kepolisian dan TNI, serta masyarakat Kota Bandung pada umumnya.

“Ini prestasi kita semua. Ini hasil kerja keras kita bersama. Tidak hanya penyelenggara, melainkan juga parpol dan masyarakat yang secara kolektif menyukseskan Pilkada Serentak di Kota Bandung,” sebutnya.

Setelah ada hasil rekapitulasi penghitungan suara ini, Rifqi menjelaskan, KPU Kota Bandung akan menunggu selama tiga hari ke depan apabila ada paslon yang mengajukan sengketa Pilkada.

“Kalau ternyata setelah tiga hari tidak ada yang mengajukan sengketa, selanjutnya pada Senin atau Selasa (9 atau 10 Juli 2018) mendatang, kami akan menetapkan hasil Pilkada Serentak di Kota Bandung,” tandasnya.

(rmoljabar/pojokbandung)

loading...

Feeds

Persib Vs Arema, Akhir tanpa Pemenang

Persib Bandung bertarung  melawan Arema FC di leg pertama 16 besar Piala Indonesia. Maung Bandung sempat unggul lebih dulu, sebelum akhirnya Arema …

Bos Persib Resmi Mundur dari LIB

Bos Persib Bandung, Glenn Sugita dan Berlinton Siahaan resmi mundur dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). Itu mereka umumkan saat …

Ponpes Ulumuddin Kawal Kondusifitas Pemilu

Dalam upaya menyukseskan gelaran Pemilu tahun 2019, pihak penyelenggara dan aparat keamanan di setiap daerah, dipastikan mendapat porsi lebih saat menjalankan tugasnya, …