Si Jago Merah Ngamuk, Enam Rumah Warga Kota Bandung Hangus

Petugas Pemadam Kebakaran mencoba memadamkan api yang membesar di Gang Wangsadireja nomor 388 RT. 03 RW. 02, Jalan Cikaso Kelurahan Sukamaju, Kota Bandung

Petugas Pemadam Kebakaran mencoba memadamkan api yang membesar di Gang Wangsadireja nomor 388 RT. 03 RW. 02, Jalan Cikaso Kelurahan Sukamaju, Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kebakaran terjadi di Gang Wangsadireja nomor 388 RT. 03 RW. 02, Jalan Cikaso Kelurahan Sukamaju, Kota Bandung. Kebakaran tersebut melahap sejumlah rumah permanen di pemukiman padat penduduk, Minggu, (1/7/2018) siang.


Kepala Seksi Operasi Pemadaman DPKPB, Asep Rahmat menuturkan lokasi kebakaran sendiri tepat berada dibelakang SMPN 22 Kota Bandung.

“Objek yang terbakar ini terjadi di pemukiman padat benduduk dan melalap sejumlah rumah permanen,” ungkap Rahmat, Minggu, (1/7/2018)

Asep Rahmat menyampaikan, kebakaran yang bermula pukul 11.00 WIB tersebut, melalap hampir enam rumah milik warga di antaranya rumah milik Ito, Anang, Sukardi, Ukar alm/Wawat, Subur, dan Sugih.

Dijelaskan Asep, luas area yang terbakar yakni 70 m2 milik Ito, 92 m2 milik Anang, 70 m2 milik Sukardi, 14 m2 milik Ukar alm/Wawat. Adapun rumah milik Subur hanya terimbas sebagian atap terbakar sedangkan Sugih terimbas pada bagian dinding.

“Objek yang terbakar ini semua rumah permanen dan berada di hunian padat penduduk. Sementara ini, penyebab kebakarannya masih dalam proses penyelidikan,” ujarnya.

Asep menjelaskan, kronologis peristiwa ini bermula dari kesaksian salah satu korban kebakaran, Subur yang melihat api pertama kali di salah satu kamar rumah Sukardi. Di lain pihak, Evi, adik dari Sukardi (pemilik rumah) yang melihat ada percikan api yang jatuh ke atas kasur di kamar lantai 2, langsung loncat dari genteng lantai 2 yang dibantu oleh warga untuk menahan.

“Ibu Evi yang sedang menjaga cucu langsung loncat dari lantai 2. Dan, cucu ibu Evi pun berhasil diselamatkan oleh Bpk anggi yang mengetahui masih ada cucu ibu Ecii di dalam,” tuturnya.

Dalam penanganan ini, tim DPKPB Kota Bandung pun langsung menurunkan 4 unit Pancar Pusat, 1 Unit Pancar Timur, 1 Unit Rescue, 1 Unit Komando, beserta unsur bantuan 1 Unit PLN, 1 Unit ambulans PMI Kota Bandung, BABINSA, dan BHABINKAMTIBMAS.

Setelah tiba di lokasi, petugas kata Asep, langsung melakukan pemadaman secara menyeluruh, dilanjutkan dengan pendinginan, pengecekan pada seluruh bagian area yang terbakar, dilanjutkan pendataan akhir, cek personel serta cek peralatan. Penanganan pun usai pukul 13.10 WIB.

“Taksiran kerugian belum bisa diperkirakan, tapi alhamdulillah tidak ada korban dalam penanganan ini,” ujarnya.

(pra/ayb)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …