Bupati Dadang Naser : Masyarakat Solusi Terbesar Masalah Sampah

Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membersihkan sampah. Foto:Humas Kab Bandung

Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membersihkan sampah. Foto:Humas Kab Bandung

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Persoalan sampah di Kabupaten  Bandung, terus menerus menjadi masalah besar.

Dibutuhkan gerakan masiv dari semua pihak, melalui partisipasi dan kesadaran bersama, khususnya masyarakat sebagai sumber solusi terbesarnya. Hal itu diungkapkan Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, saat ditemui di Rumah Jabatan Bupati Bandung di Soreang, Senin (2/7/2018).

“Solusi terbesar untuk persoalan sampah adalah partisipasi dan kesadaran masyarakat. Pemerintah sudah banyak menggulirkan program untuk menangani masalah sampah, tapi kalau kurang didukung ya tidak akan berdampak banyak, jadi kita harap semua bisa berbuat dan berupaya untuk bersama-sama menjadi bagian dari sumber solusi,” ucap Bupati.

Setelah libur Idulfitri lanjutnya, timbulan sampah semakin banyak bertumpuk di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Liar, namun seluruh petugas kebersihan terus melakukan pengangkutan hingga saat ini.

Masalah pengurusan  buang sampah sembarangan masih kompleks kata Bupati, karena selama ini sistemnya belum terbangun dengan baik.

Beberapa waktu lalu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyatakan kesiapannya untuk melakukan pengangkutan sampah asalkan sudah dikarungi dan terpilah.

Karena jika kita memakai paradigma lama, kumpul, angkut buang, akan memakan waktu dan tenaga lebih untuk menyelesaikannya.

“Saya mengajak masyarakat, aparat wilayah dan semua pihak agar mau bekerjasama. Secara masiv dengan inisiatif dan kesadaran sendiri, mau mengelola sampah berbasis masyarakat sejak dari rumah. Melakukan pemilahan antara sampah yang organic dan non organic, jadi nanti petugas tinggal mengangkut sesuai jadwalnya. Sedangkan aparat wilayah, diharapkan bisa melakukan pengawasan dan imbauan,” ajak Bupati.

loading...

Feeds

PKB Polisikan Ustad Yahya Waloni

Sekjend PKB Abdul Kadir Karding melaporkan Ustad Yahya Waloni ke Bareskrim karena pernyataannya dianggap menghina Megawati Soekarnoputri, Ma’ruf Amin dan …

Kasus Narkotika Turun, Tersangkanya Membeludak

Makin banyak orang yang terjerat bandar narkotika. Jumat (21/9) Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipid Narkoba) Bareskrim mengungkapkan adanya kenaikan jumlah …