TPS 19 Sindangpanon dan TPS 03 Cingcin Direkomendasikan Pemungutan Suara Ulang

Koodinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia.Foto:Rmoljabar

Koodinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia.Foto:Rmoljabar

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Panwaslu Kabupaten Bandung merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Pilgub Jabar 2018 di dua TPS yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


Hal tersebut dikatakan Koodinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia. Ia mengatakan TPS yang direkomendasikan untuk pemungutan suara ulang adalah TPS 19 Desa Sindangpanon, Kecamatan Banjaran dan TPS 03 Desa Cingcin, Kecamatan Soreang. Di dua TPS itu pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum pemenangnya.

“Untuk TPS 19 Sindangpanon sudah direkomendasikan, kalau TPS 03 Cingcin nanti malam paling lambat akan kami kirimkan rekomendasi PSU-nya kepada KPU Kabupaten Bandung,” kata Hedi, via telepon, Jumat (29/6/2018).

Hedi mengungkapkan rekomendasi PSU di TPS 19 Desa Sindangpanon dikarenakan adanya dua warga yang diperbolehkan mencoblos tanpa memenuhi syarat administrasi. “Ada warga Majalengka dan Ponorogo yang diperbolehkan mencoblos di TPS tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya, secara aturan warga Jabar masih diperbolehkan menggunakan hak pilihnya, namun diharuskan membawa formulir A5. “Tapi yang bersangkutan hanya membawa e-KTP saja, petugas hanya menuliskan yang bersangkutan dalam DPTB (Daftar Pemilih Tembahan), seharusnya dia membawa formulir A5,” sambungnya.

Ia menambahkan hal yang hampir serupa juga dilakukan oleh warga Ponorogo, petugas KPPS memperbolehkan mencoblos hanya berbekal e-KTP Jawa Timur.

“KPPS beralasan yang bersangkutan sudah lama tinggal di situ. Persoalannya administrasi tetap harus ditempuh, yang bersangkutan belum tercatat sebagai warga Jawa Barat yang dibuktikan dengan dokumen kependudukan,” tambahnya.

Sesuai dengan aturan, jika ada lebih dari satu orang yang bukan haknya melakukan pencoblosan di satu TPS, maka bisa dilakukan PSU.

Sementara di TPS 03 Desa Cingcin, terdapat perbedaan jumlah daftar hadir formulir C7 dengan perolehan suara. “Daftar hadir dalam C7 berjumlah 407 orang, sementara perolehan suara mencapai 446 orang,” ungkapnya.

“Daftar hadir juga seharusnya diisi oleh pemilih, ini malah diisi oleh KPPS dengan alasan daftar hadir sempat hilang dan baru ditemukan pukul 11.00 WIB,” imbuhnya.

Disinggung mengenai lolosnya kejadian di dua TPS tersebut dari pengawasan pengawas TPS dan saksi, Hedi berujar posisi pengawas, saksi dan KPPS berjauhan.

“Pengawas TPS dan saksi dengan petugas letaknya berjauhan. Ini sangat disayangkan, seharusnya posisinya berdampingan, sehingga kejadian ini bisa dicegah sedini mungkin,” katanya.

(detikcom/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Persib

Persib Bandung Siap Hadapi Siapapun

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pelatih Persib Putri Iwan Bastian mengatakan, timnya tak terlalu memikirkan siapa lawan yang akan dihadapi di partai …
fesyen

Menilik Gaya Busana yang Menghiasi 2020

POJOKBANDUNG.com, TAHUN 2020 tinggal menghitung hari. Berbagai trend satu per satu dikeluarkan berbagai perusahaan, mulai dari industri fesyen, wedding, sampai …
HIV

HIV/AIDS di Subang Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Angka Orang Dengan HIV AIDS (ODHA), di Kabupaten Subang terus meningkat. Meningkatnya jumlah ODHA dari tahun ke tahun …
borneo fc

Persib Siapkan Kejutan di Samarinda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung bertekad membuat kejutan saat berhadapan dengan Borneo FC pada pekan ke-32 Liga 1 2019. Pertandingan …

Tips bagi HR, Kenali Macam-macam Tunjangan

Tunjangan adalah tambahan gaji disamping gaji pokok yang diberikan kepada karyawan oleh perusahaan. Tunjangan sendiri merupakan komponen pelengkap dari gaji …

Membangun Komitmen Pemuda dan Media Perangi Hoaks

Hoaks merupakan komponen perusak kemajuan bangsa yang nyata di tengah upaya pemerintah melakukan pembangunan nasional berkesinambungan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat …
GAJE

Unpas Jadi Tuan Rumah GAJE ke 10

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Negara yang tergabung dalam Global Alliance For Justice Education (GAJE), bicarakan metode dan merealisasikan pembelaan hukum dan …
2019

Menhub Cek Persiapan Jalur Tol Cipali

POJOKBANDUNG.com, SUBANG– Untuk memastikan kondisi kesiapan jalan serta  perencanaan untuk meredam kemacetan pada libur Natal dan Tahun Baru 2019, Menteri …