Busyet… Calon Tunggal Lawan Kotak Kosong di Tangerang Disorot 40 Negara

WNA pantau pilkada di Kota Tangerang. (Rian/pojoksatu)

WNA pantau pilkada di Kota Tangerang. (Rian/pojoksatu)

POJOKBANDUNG.com, TANGERANG – Pilkada Kota Tangerang Banten, mendapat perhatian warga negara asing (WNA) dari 40 negara. Mereka sengaja berkunjung ke Kota Tangerang untuk melihat langsung proses pilkada yang diikuti calon tunggal.


Para turis dari mancanegara ini tertarik untuk mempelajari pelaksaan proses pemilihan kepala daerah, dimana pasangan calon (paslon) melawan kotak kosong.

Rombongan turis tersebut mengunjungi TPS 1, Kampung Berkelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Rabu (27/6/2018).

Sejumlah negara yang turut serta dalam kunjungan itu di antaranya Australia, Timor Leste, Amerika Serikat, Srilanka, Filipina dan Thailand.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu RI, Afifudin menyebutkan, kegiatan tersebut berkaitan dengan program untuk mengajak para delegasi negara tetangga agar dapat memantau proses pelaksanaan pemilu di Kota Tangerang.

“Tangerang salah satunya sebagai pembelajaran, karena calon tunggal. Nantinya mereka akan kami minta juga untuk mendiskusikan hasil dari studi banding ini,” ujar Afifudin, Rabu, (27/6/2018).

Salah seorang perwakilan Australia, Ayoana mengatakan, pemilihan di Kota Tangerang sangat unik dan menjadikan pembelajaran baru sebagai bentuk demokrasi.

“Bagus, saya juga belajar bagaimana prosesnya dan di sini juga satu pasangan calon kita banyak belajar dan nanti akan didiskusikan,” kata Ayoana.

Jumlah suara pada TPS 1 tersebut sebanyak 356 dengan perolehan pencoblosan sementara sebanyak 200 pemilih. Total dari jumlah suara di Kota Tangerang sebanyak kurang lebih 1 juta penduduk yang masuk dalam daftar pemilih tetap.

Pada penghitungan suara di beberapa TPS, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah-Sachrudin kalah lawan kotak kosong. Calon tunggal ini kalah dari kotak kosong di TPS 7, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. TPS ini merupakan tempat Gubernur Banten, Wahidin Halim mencoblos.

(rian/pojoksatu)

 

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …