Parah, Petugas KPPS Bawa Kabur Kotak Suara Lalu Coblos Sendiri

Pilkada Serentak 2018

Pilkada Serentak 2018

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Salah satu anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Amalus Wetapo membawa lari kotak suara di tempat pemungutan suara (TPS) di Wamena, Papua. Tak hanya membawa lari, dia juga mencoblos sendiri surat suara.


Menurut Menkopolhukam Wiranto, akibat ulah Amalus, pilkada serentak di sana sempat terhambat. Namun kini pelaku sudah ditangkap.

Wiranto mengatakan, petugas tersebut membawa kabur kotak suara tanpa alasan yang jelas.

“Di sana ada KPPS yang membawa kabur logistik pemilu di satu TPS saja. Sudah dapat ditangkap dan dilaksanakan pemilihan susulan di TPS yang itu,” ujar dia di Mabes Polri, Rabu (27/6/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, masalah seperti itu pernah terjadi saat dia menjabat Kapolda Papua. Kasusnya, kotak suara dibawa lari di TPS daerah Jayawijaya.

Menurut Tito, alasan dibawa kabur kotak suara ini karena ada orang tak terima dengan pemilihan tersebut.

“Umumnya alasannya primordialisme. Keberpihakan terhadap paslon tertentu karena keluarga, suku, dan lain-lain. Tapi laporan dari Kapolda sudah ditangkap. Kemudian sudah dibawa,” jelas Tito.

Namun menurut Tito, masalah ini belum sepenuhnya selesai. KPUD bakal membicarakan solusi kelanjutan pilkada di lokasi. Menurutnya, sudah ada beberapa orang yang mencoblos, tapi juga ada yang belum.

“Mungkin nanti dilakukan pemungutan suara dengan kesepakatan penyelenggara pemilu dan pengawasnya,” tandas dia.

(jpnn/pojoksatu)

 

Loading...

loading...

Feeds

Oyo Group Bangun Penginapan Siluman

POJOKBANDUNG.com,CIMAHI – Sebuah Hotel di Jalan Budi, Kelurahan Pasir kaliki, Kecamatan Cimahi Selatan, mendapatkan Peringatan (SP) pertama pemkot Cimahi. Pasalnya, …

Persiapan Dini Hadapi Penyakit Kritis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Permasalahan kesehatan menjadi perhatian khusus dewasa ini. Bahkan World Health Organization (WHO) mengkategorikan permasalahan kesehatan mencapai 68 …