Mantap… Piala Dunia 2018 Rusia Cetak Rekor Baru, Apa Itu!

Kiper Islandia Hannes Thor Halldorsson mampu memblok penalti Lionel Messi, Sabtu (16/6/2018)

Kiper Islandia Hannes Thor Halldorsson mampu memblok penalti Lionel Messi, Sabtu (16/6/2018)

POJOKBANDUNG.com, MOSKOW – Piala Dunia 2018 Rusia baru setengah jalan namun telah memecahkan rekor baru dari gelaran sebelumnya.


Selain penggunaan Video Assistant Reffere atau VAR, di Piala Dunia edisi ke-21 ini muncul rekor penalti terbanyak sepanjang sejarah perhelatan ajang paling bergengsi sejagat empat tahunan itu.

Dikutip dari Goal, saat ini tercatat sudah 19 penalti diberikan wasit. Dengan laga yang baru memasuki matchday 3 maka tak menutup kemungkinan jumlahnya masih akan terus bertambah.

Drama penalti terbaru terjadi di laga pamungkas Grup A yang mempertemukan Arab Saudi dan Mesir, wasit Wilmar Roldan yang memimpin jalannya pertandingan memberikan dua hadiah penalti untuk Arab Saudi.

Kiper Mesir, Essam El Hadary sendiri sukses menggagalkan penalti pertama yang dilakukan Fahad Al-Muwallad dari titik putih.

Namun, kiper berusia 45 tahun itu gagal membendung tendangan Salman Al-Faraj setelah Arab Saudi kembali mendapatkan hadiah penalti di menit.

Arab Saudi dan Mesir sendiri terpaksa harus angkat koper dari Rusia setelah hanya finis di peringkat ketiga dan keempat Grup A.

Dari 19 penalti tersebut, 14 di antaranya berhasil dieksekusi sang algojo, sementara lima lainnya berhasil digagalkan kiper.

Termasuk keberhasilan kiper Iran, Ali Beiranvand yang berhasil menghadang sepakan bola kapten Portugal, Cristiano Ronaldo.

Banyaknya momen penalti di Piala Dunia edisi kali ini sendiri sepertinya tidak terlepas dari diterapkannya alat VAR tersebut.

Pasalnya, dari 19 keputusan penalti yang diberikan wasit, delapan di antaranya diputuskan dengan melibatkan bantuan VAR.

Sementara striker Inggris Harry Kane dan bintang Australia Mile Jedinak sejauh ini tercatat sebagai eksekutor paling subur dari titik putih setelah keduanya berhasil menjebol gawang lawan dari hadiah penalti tersebut.

(qur/pojoksatu)

 

Loading...

loading...

Feeds