Ini Dia 13 Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia

tim Jerman

tim Jerman

POJOKBANDUNG.com, MOSKOW – Selain Brasil di Piala Dunia 1958 dan 1962, belum ada lagi negara yang sukses mempertahankan gelar juara Piala Dunia. Beberapa juara bertahan bahkan harus kalah mengenaskan di Piala Dunia berikutnya.

Menyandang gelar juara Piala Dunia 2014, Jerman menjadi tim yang tahun ini dibayangi kutukan tersebut.

Namun pelatih Joachim Loew dan anak-anak asuhnya menyatakan hal tersebut tidak lebih dari sekadar kebetulan dan faktor keberuntungan belaka.

Timnas Jerman pun yakin bisa memertahakan juara Piala Dunia. Kendati demikian,

Der Panzer tetap berpeluang meneruskan kembali ‘tradisi’ kutukan tak menyenangkan itu.

Berikut 13 kutukan juara bertahan piala dunia sejak tahun 1966:

  1. Piala Dunia 1966

Menjadi juara di dua perhelatan Piala Dunia sebelumnya Brasil gagal mempertahankan gelar mereka di tahun ini. Mereka kalah di fase grup setelah dipermalukan Hungaria dan Portugal.

  1. Piala Dunia 1970

Giliran Inggris yang menjadi juara Piala Dunia empat tahun sebelumnya tertimpa kutukan ini. Bertanding melawan Jerman Barat di babak perempat final, Inggris yang sudah menang 2-0 harus gigit jari setelah tim lawan membalikkan kedudukan menjadi 2-3.

  1. Piala Dunia 1974

Pele sukses membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 1970. Namun, Tim Samba lagi-lagi gagal mempersembahkan gelar juara. Mereka tersingkir di babak kedua setelah kalah dari Belanda 0-2. Jerman Barat menjadi jawara di tahun ini.

loading...

Feeds

Tiga Calon Sekda KBB Siap Bersaing

Panitia seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mengumumkan tiga peserta terbaik yang akan menduduki Jabatan Sekretaris …