Ada Bocoran… 4 Tahun Saum dan Lebaran Tidak Sama, Dimulai Idul Adha

meneropong hilal. Foto. jpnn

meneropong hilal. Foto. jpnn

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Pemerintah boleh bersyukur penetapan awal saum dan lebaran tahun 2018 bersamaan. Tetapi jika penyatuan kalender Islam atau kalender hijriyah global tidak segera ditetapkan, kekompakan itu hanya bertahan sampai 2021.

Perbedaan penetapan awal saum Ramadan dan lebaran diprediksi akan mulai terjadi pada tahun 2022 sampai 2025. Dimulai pada penetapan Idul Adha 2022. Saat itu, posisi hilal yakni 1,9 derajat di atas ufuk.

Selanjutnya pada 2023 terjadi perbedaan penetapan lebaran Idul Fitri sekaligus Idul Adha. Sebab pada saat lebaran tinggi hilal 1,7 derajat dan saat penetapan Idul Adha tinggi hilal 0,9 derajat.

Lantas pada 2024 bakal terjadi perbedaan penetapan awal Ramadan karena tinggi hilal hanya 0,8 derajat di atas ufuk. Berikutnya pada 2025 kembali terjadi perbedaan pada penetapan Idul Adha karena tinggi hilal hanya 1,4 derajat.

Potensi perbedaan ini bisa dicegah jika pemerintah menetapkan kalender hijriyah dengan kriteria tinggi hilal minimal tiga derajat.

Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhammadiyah Amin mengatakan, selama ini mereka sudah menjalankan berbagai upaya untuk penyatuan kalender hijriyah global.

“Termasuk 2017 telah melakukan seminar internasional tentang fiqih falakiyah dengan menghadirkan peserta dari seluruh dunia,” kata Amin, Jumat (15/6/2018).

Loading...

loading...

Feeds

ruhimat

Ruhimat Tantang Bukti Jual Beli Jabatan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H.Ruhimat mengatakan, pelantikan dan rotasi jabatan sebagai penyempurnaan serta penyemangat baru. “Pelantikan ini sebagai penyegaran …
gerakan

Gerakan Azzan Serentak Tuai Sorotan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat sorot ihwal kebijakan Pemkot Bandung dan dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) …