Tak Punya Ban Cadangan… Diancam Kurungan Satu Bulan atau Denda Rp 250 Ribu

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) menanggapi regulasi mobil tanpa ban cadangan yang sedang menyita perhatian konsumen pengguna mobil.

Kabid Humas Polda Jabar, Trunoyudo Wisnu Andiko, Menututkan, pihaknya belum mendapatkan laporan pelanggaran pengemudi mobil yang mobilnya tidak terdapat ban cadangan.

“Sejauh ini belum ada laporan masuk,” ungkap Trunoyudo kepada Radar Bandung, di Markas Polda Jabar, Jumat (8/6/2018).

Ia menjelaskan, meskipun hingga saat ini belum ada laporan yang masuk, pihaknya mengatakan bahwa, regulasi tentang pentingnya keberadaan ban cadangan pada kendaraan roda empat itu mengacu pada undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pada Pasal 57 (3) tertuang bahwa ban cadangan menjadi bagian komponen wajib yang harus ada di dalam mobil.

Ia menambahkan, hal tersebut juga diatur pada Pasal 278, bahwa setiap pengemudi yang mengemudikan mobil tanpa dilengkapi salah satu perlengkapan ban serep, masuk ke tindakan pidana.

“Untuk hukumannya, kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp 250 ribu,” terangnya.

Ia menegaskan, regulasi tersebut dibuat dan sangat penting untuk diperhatikan, guna aspek keselamatan dan keamanan pengendara roda empat.

loading...

Feeds

Agnez Mo Makin Intim dengan Kekasih

 Agnez Mo masih saja enggan berbagi tentang kisah asmaranya dengan Jeffrey J Kopchia. Pelantun Coke Bottle itu tak jua mengunggah foto …