9 Tradisi Syiah di Indonesia, Ada Beberapa Kebiasaan yang Sering Kamu Kerjakan

Masjid Syiah

Masjid Syiah

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Syiah disebut-sebut masuk ke Inonesia sejak ratusan tahun lalu. Jejak Syiah terlihat dari beberapa tradisi masyarakat yang hingga kini masih dipertahankan.


Sebagian besar warga, khususnya umat Islam mempertahankan tradisi leluhur tersebut. Padahal, mereka sedniri tidak mengetahui sejarahnya. Selain itu, mereka juga tidak paham jika itu tradisi Syiah.

Ulama dan budayawan Prof Ali Hasjmy pernah menulis beberapa tradisi Syiah yang dimuat di kaskus. Dalam tulisan itu, Prof Ali Hasjmy membeberkan beberapa tradisi umat Islam di Indonesia yang dipengaruhi tradisi Syiah. Di antaranya tradisi Hayok Tabui, Grebeg Suro, Barzanji, Tahlil Arwah, Haul, Kenduri, Tabut, dan beberapa tradisi lainnya.

Peneliti Pusat Pengkajian Pengembangan Sumber Daya (P3SD) Padang, Hendri Teja juga mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, tradisi kebudayaan dan keagamaan yang dijalankan di kalangan muslim Indonesia banyak di antaranya merupakan pengaruh ajaran Syiah.

Tradisi arak-arakan Hayok Tabui di Pariaman, Sumatera Barat yang digelar setiap Muharram kental dengan pengaruh Syiahnya. Tradisi itu sebagai peringatan tragedi berdarah yang menimpa cucu Nabi SAW Sayyidina Husain.

“Setahu saya Tabuik itu peninggalan Islam Syiah di Pariaman,” ujar Hendri Teja, seperti dilansir sindonews.com.

Mendiang KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pernah mengatakan bahwa Nahdatul Ulama (NU) secara kultural adalah Syi’ah. Ada beberapa shalawat khas Syi’ah yang sampai sekarang masih dijalankan di pesantren-pesantren NU.

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …