Peringati Hari Lahir Bung Karno, Ratusan Warga Berdo’a dan Berbuka Puasa Bersama

 Ratusan orang berkumpul dan duduk bersila di atas karpet merah yang terpasang dari ujung selatan hingga utara jalan yang tepat berada di samping bangunan bersejarah, Gedung Merdeka

Ratusan orang berkumpul dan duduk bersila di atas karpet merah yang terpasang dari ujung selatan hingga utara jalan yang tepat berada di samping bangunan bersejarah, Gedung Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemandangan berbeda terlihat di Jalan Ir Sukarno, Cikapundung Riversport, Kota Bandung. Ratusan orang berkumpul dan duduk bersila di atas karpet merah yang terpasang dari ujung selatan hingga utara jalan yang tepat berada di samping bangunan bersejarah, Gedung Merdeka.


Suasana penuh keakraban dan kehangatan sangat terlihat di antara mereka yang hadir. Alunan musik dari grup band lokal dengan lirik-lirik ringan semakin mempertegas.

Warga yang melintas di jalan tersebut pun diajak bergabung. Tepat setelah adzan Magrib berkumandang, mereka pun langsung berbuka puasa dan menikmati sajian makanan khas Sunda yang disediakan.

Semua larut dalam kegiatan bertajuk Makan Nasi Bancakan Memperingati Hari Lahir Bung Karno ke-117. Sebelum berbuka puasa, digelar doa bersama untuk presiden pertama RI, Soekarno.

Sekretaris DPD PDIP Jabar, Abdy Yuhana mengatakan, kegiatan tersebut digelar atas inisiasi DPD PDIP Jabar bersama dengan relawan Hasanah.

“Kami mensyukuri hari lahir Bung Karno. Dan salah satu wujudnya kami mengadakan acara makan bersama dalam kultur budaya Jabar yang disebut bancakan,” tutur Abdy disela kegiatan.

Abdy menambahkan, bulan Juni biasa disebut sebagai bulannya Bung Karno. Dalam bulan ini memang terjadi berbagai peristiwa penting yang melibatkan Bapak Pendiri Bangsa, Soekarno. Beberapa peristiwa yang terjadi di antaranya 6 Juni 1901 sebagai hari kelahiran sosok Proklamator.

Selain itu, ada tanggal 1 Juni 1945 yang menjadi momentum Soekarno menyampaikan pidato di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI tentang Dasar Negara yang kemudian dikenal dengan Pancasila. Pada bulan ini juga Presiden Pertama RI itu wafat, tepatnya tanggal 21 Juni 1971.

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …

DPRD Jabar Imbau Ponpes Taati Prokes

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar M. Sidkon Djampi mengimbau para santri dan pengajarnya taati protokol kesehatan Covid-19. …

Kenaikan Sanksi Prokes Terbentur Pergub

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penerapan kenaikan sanksi denda untuk pelanggaran protokol kesehatan (prokes) sulit dilakukan. Musababnya, realisasi sanksi tersebut harus melakukan …