Bandung Zoo Rawat Macan Tutul yang Ditangkap di Pangalengan

macan tutul diamankan warga di Pangalengan. Foto:Kumparan

macan tutul diamankan warga di Pangalengan. Foto:Kumparan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Macan tutul (matul) jantan yang ditangkap di kandang unggas Kampung Ciruntah Desa Cihideung Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu, kondisinya mulai membaik.


Saat ini, matul berbobot 25 kilogram dengan perkiraan usia 1,5 tahun ini dirawat di kandang area karantina Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo).

“Senin(4/6) kemarin, Bandung Zoo menerima satwa titipan Balai‎ Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA). Ini adalah proses pemantauaan dan pemulihan kondisi matul karena menurut tim dokter Bandung Zoo matul ini tergolong kurus dan sehat,” kata Manager Komunikasi Pemasaran Kebun Binatang Bandung (KBB), Aan Sulhan, Rabu(6/6/2018).

Ia menambahkan, saat diterima kondisi satwa agak kurus. Namun, kata dia, untuk ukuran satwa di hutan bobot tersebut bisa dikatakan normal.

“Hidung kering diduga sedikit dehidrasi. Namun kondisi tersebut mudah mudahan bisa dipulihkan dalam beberapa hari,” ujar dia.

Menurut Aan, saat ditangkap di kandang ayam milik warga matul memang dalam kondisi lapar. Pada saat tiba di Bandung Zoo matul diberi daging ayam seberat tiga kilogram.

Kemudian, Selasa (5/6) juga sudah disiapkan ayam seberat 3 kilogram yang akan diberikan pada sore hari sekitar jam 16.00.

“Saat ini kondisi matul sudah membaik dan kerap mengaum saat ada petugas lewat di dekat kandangnya. Kondisi bulu dan badan matul ini juga mulus tidak ada cacat. Matul jantan ini dititipkan sementara di Bandung Zoo sambil menunggu program pelepasliaran ke habitatnya,” tandasnya.

(azm/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds