Nih Dishub Tegas… AKDP Tidak Laik Langsung Dikandangkan

Petugas Dishub Kabupaten Tasikmalaya menemukan dua kendaraan AKDP yang tidak laik jalan di terminal Singaparna.

Petugas Dishub Kabupaten Tasikmalaya menemukan dua kendaraan AKDP yang tidak laik jalan di terminal Singaparna.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya dan Satlantas Polres Tasikmalaya menemukan dua kendaraan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang tidak laik jalan di terminal Singaparna.


Kedua kendaraan tidak lain itu akhirnya dikandangkan dan diberikan tilang, Senin (4/6/2018).

Dari kedua kendaraan tidak laik tersebut, petugas gabungan menemukan ban kendaraan sudah dalam kondisi gundul yang tentu sangat membahayakan penumpang.

Selain itu, kondisi instrumen kendaraan seperti lampu sein, wiper, dan lampu utama dalam kondisi tidak berfungsi.

“Tadi ada minibus jurusan Tasik – Bandung tidak laik pakai, kita bawa ke Polres. Ada satu minibus lain yang kita tilang. Penumpang terpaksa kami evakuasi ke kendaraan lain,” kata KBO Satlantas Polres Tasikmalaya Iptu Bambang Karwanto, seusai melakukan pemeriksaan kelaikan jalan di Terminal Singaparna.

Ditemui ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Kabupaten Tasikmalaya Suryanto mengatakan kedua kendaraan yang dikandangkan dan ditilang masih memiliki KIR. Kemungkinan, para pengusaha angkutan menyiasari kendaraan mereka saat dilakukan uji KIR.

“KIR nya berlaku. Jadi waktu uji KIR, mereka pakai ban yang masih bagus, setelah dinyatakan lulus dan kembali beroperasi nah ban itu diganti, ” papar Suryanto.

Sopir AKDP yang kendaraanya ditilang, Budi (35) mengatakan dirinya terkendala biaya operasional kendaraan yang terus meningkat. Terlebih saaat ini dalam kondisi sepi penumpang.

“Operasionalnya kita tidak cukup, makanya belum kebeli ban. Apalagi sekarang penumpang sepi,” tandasnya.

(rmoljabar/azm/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds