Produsen Petasan di Tangerang Digerebek Polisi, Barbuknya Ya Ampun…

Polisi gerebek produsen petasan di Tangerang, Banten.

Polisi gerebek produsen petasan di Tangerang, Banten.

POJOKBANDUNG.com, TANGSEL – Pabrik pembuat petasan yang digrebek di kawasan Pagedangan, Tangerang, Banten ternyata hanya memproduksi khusus di bulan Ramadan.


Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolsiian Resor Tangerang Selatan Ajun Komisaris Alexander Yurikho mengatakan, dari pemeriksaan,  beberapa saksi mengaku mereka bekerja membuat petasan sudah tiga kali bulan Ramadan.

“Para pekerja pabrik mengaku sudah tiga kali Ramadan mereka bekerja membuat petasan tersebut,” kata Alexander dalam kererangan tertulisya, Senin (4/6/2018).

Selain itu, kata Alexander, petasan musiman ini sudah berdiri selama tiga tahun. Akan tetapi, tidak selama tiga tahun itu memproduksi petasan, melainkan hanya saat bulan puasa saja.

Sedangkan di bulan lainnya, pabrik itu sama sekali tidak beroperasi. Para pekerjanya kembali menjalankan aktivitas rutin seperti menjadi pekerja kasar atau buruh harian lepas.

“Bukan setiap hari mereka buat tapi memang waktu bulan Ramadan aja. Mereka kalo hari biasa ada yang jadi tukang atau buruh,”ujarnya.

Sebagaiman diketahui, Tim gabungan Polsek Pagedangan dan Vipers Polres Tangerang Selatan berhasil mengungkap rumah produksi petasan di kampung Kandang RT 06/01 kelurahan Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang pada Sabtu (2/6/2018).

Dari hasil penggeledahan, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa 2 ribu butir petasan siap edar, satu kilogram potasium, empat kilogram bron percikan, enam renteng sumbu siap pakai, dua tumpuk koran bekas, 1.500 cangkang petasan, dan sejumlah alat untuk memproduksi petasan.

Barang bukti tersebut rencanya akan dijual ke sejumlah pedagang di Jakarta, Tangerang, dan Bogor.

(fir/pojoksatu)

 

 

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …