Waspada Datangnya Penyakit Flu Saat Berpuasa

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyakit flu tidak bisa dianggap enteng. Sebab, apabila seseorang terserang virus tersebut maka, akan berpengaruh terhadap menurunnya kekebalan tubuh sehingga, mudah terserang penyakit lainnya.

Dengan begitu, masyarakat disarankan untuk istirahat yang cukup, serta makan dengan asupan gizi yang baik. Apalagi pada saat menjalankan ibadah puasa.

Menurut Kepala Instalasi Gawat Darurat RS. Pindad Bandung Dr Evi Novitasari, jika tubuh terserang flu akan mengalami dehidrasi akibat banyaknya cairan yang keluar. Untuk menghindarinya,  terapkan pola minum dua gelas pada saat sahur dan buka puasa juga sebelum tidur.

Penyakit flu ini, lanjut dia, dapat menyebabkan saluran pernafasan tergangu karena Lendir yang berada di tenggorokan dan saluran pernafasan. Maka air hangat dibutuhkan untuk mencairkan lendir tersebut.

“jadi, kalau terserang flu, banyak mengonsumsi buah atau sayuran yang banyak mengadung vitamin dan mineral, terutama Vitamin C juga membantu penyembuhan saat flu,” tuturnya.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah, hindari stress, pada saat berpuasa tingkatkan kualitas ibadah dan hubungan kepada Allah SWT. Serahkan segala sesuatu yang mengganjal dan segala permasalahan kepada Allah SWT.

“Apabila semua sudah dilakukan namun flu masih ada atau, malah bertambah parah maka,  segera berkonsultasi dengan dokter, untuk menemukan penanganan yang tepat,” imbaunya. (mur)

 

Berikut tips Dr. Evi untuk mempercepat penyembuhan apabila terserang flu.

  • Rutin konsumsi Vitamin C. karena dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh.
  • Makanan bergizi misalnya, sup Ayam atau sejenisnya. Karena, dapat meringkan influensa, dimana sup ayam dapat meningkatkan fungsi silia (rambut-rambut halus pada hidung) untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus.
  • Untuk membantu penyembuhan, pilihlah makanan tinggi protein dan kalori besar untuk membantu tubuh melawan infeksi dan kurangi makanan yang terlalu pedas, berlemak.
  • Cara selanjutnya dengan meminum obat flu pada saat sahur maupun berbuka puasa, setelah meminum obat anda harus tetap mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat, pada saat tidur dan beristirahat. (mur)

loading...

Feeds

Tips Wisata Kuliner di Bandung

Wisata kuliner bandung memang banyak menjadi tujuan utama para pendatang di kota Bandung. Bandung memang sangat terkenal dengan berbagai sajian …