Mengurai Polemik Hak Keuangan BPIP: Hampir Setahun Gak Terima Gaji, Operasional Nol, Dibayar Sukarela

Jajaran BPIP yang dilantik Presiden Joko Widodo

Jajaran BPIP yang dilantik Presiden Joko Widodo

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Besaran gaji yang diterima Pejabat dan Pegawai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memicu polemik di tengah masyarakat.


Tak sedikit yang menilai, besaran gaji dan hak keuangan itu sangat tidak masuk di akal. Terlebih, BPIP adalah lembaga ad hoc.

Selain itu, gaji mereka juga lebih tinggi dibanding presiden dan pemimpin lembaga negara.

Namun Menteri Keunangan Sri Mulyani justru menegaskan BPIP tak jauh beda dengan gaji pejabat lain. Semua gaji pokoknya di kisaran Rp5 juta.

Malah, tunjangan-tunjangan yang diterima pejabat BPIP lebih kecil jika dibandingkan dengan pejabat lain, yakni hanya Rp13 juta.

“Lebih kecil dibandingkan lembaga lain,” ujarnya di kompleks istana kepresidenan Jakarta kemarin.

Sebagai gambaran, tunjangan eselon I mencapai Rp19 juta.

Ani -sapaan akrab Sri Mulyani- menambahkan, hak keuangan BPIP menjadi besar karena tunjangan lain sudah termasuk di dalamnya.

Mulai tunjangan transportasi, komunikasi, pertemuan, hingga asuransi kesehatan dan jiwa.

Terlebih, menurut mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu, sejak masih berbentuk UKP PIP pada Juni 2017, para pejabat BPIP tidak pernah mendapat uang sedikit pun dari negara.

“Mereka sudah bekerja hampir setahun, belum ada gaji, tunjangan. Bahkan, anggaran untuk operasi pun tidak ada,” imbuhnya.

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …