Gunung Merapi Meletus Lagi, Ribuan Warga Sempat Mengungsi

Letusan freatik Merapi pada Senin (21/5) sudah terjadi 3 kali. (dok. BNPB)

Letusan freatik Merapi pada Senin (21/5) sudah terjadi 3 kali. (dok. BNPB)

Di Boyolali, warga di tiga wilaya yakni Dusun Stabelan dan Takeran, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo diminta menungsi lebih dulu. Sebab, jarak desa tersebut hanya tiga kilometer dari puncak Gunug Merapi.


Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Boyolali, Purwanto, meminta warga di KRB tiga tetap waspada dan diimbau untuk mengamankan diri dulu, terutama pada malam hari diminta mengungsi.

“Untuk antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi letusan tidak kesulitan evakuasi,” kata Purwanto, Selasa (22/5/2018).

Warga dua dusun tersebut Senin malam sudah mengungsi ke gedung olahraga desa setempat, setelah aktivitas Gunung Merapi meningkat.

Terdapat 362 jiwa dari dua dusun itu yang mengungsi. Namun, pagi tadi warga kembali ke rumahnya masing-masing setelah situasi dinilai aman.

“Imbauan dari BPPTKG Jogjakarta bahwa jarak 3 km dari puncak harus dikosongkan untuk menjamin keamanan warga,” imbuhnya.

Purwanto menambahkan, untuk desa yang masuk wilayah KRB II meliputi Desa Tlogolele, Klakah, Samiran, Jrakah, Lencoh, dan Suroteleng.

Tak hanya itu, di Kecamatan Musuk juga ada satu desa masuk kategori ini, yakni Desa Cluntang.

“Untuk KRB I di Boyolali tidak ada,” ujarnya.

(JPG/ruh/pojoksatu)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …