Meski Menderita Kanker, Yana Merasa Terbantu Memiliki JKN-KIS

Yana Suryana  menunjukkan kartu JKN-KIS

Yana Suryana menunjukkan kartu JKN-KIS

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Berkat JKN-KIS, banyak peserta BPJS Kesehatan terbantu karena tak mengeluarkan biaya sepeser pun ketika berobat hingga operasi. Seperti yang dialami Yana Suryana (30) yang mengalami sakit kanker hati.


Kanker hati adalah kanker yang bermula dari organ hati atau liver. Ada dua klasifikasi kanker hati berdasarkan lokasi pertumbuhan atau penyebarannya (metastasis), yaitu kanker hati primer dan sekunder. Kanker hati primer adalah kanker yang berawal di organ hati dan termasuk jenis kanker yang berpotensi fatal. Kanker hati sekunder bermula dari bagian tubuh lain kemudian menyebar dan tumbuh di organ hati.

Yana Suryana  sudah 4 bulan lalu merasakan sakit di bagian perutnya, ditambah pula dengan kondisi panas dingin. Yana pikir bahwa itu sakit biasa tapi setelah satu minggu tidak kunjung sehat, akhirnya berobat ke puskesmas terdekat. Setelah berobat Yana sehat kembali, namun setelah 2 minggu kemudian Yana merasakan sakit yang sama sampai 5 kali berturut-turut berobat belum ditemukan penyakit apa yang menyerang Yana.

Karena keterbatasan fasilitas kesehatan di Puskesmas Yana pun memindahkan faskes di BPJS Kesehatan ke DPP dr. Alfred Tigor. Berdasarkan hasil USG terdapat tumor di bagian hati Yana.

“Masih belum bisa dipastikan apakah Yana mengidap Kanker Hati atau tidak karena harus dirujuk terlebih dahulu ke dokter spesialis di Rumah Sakit agar di cek di laboratorium, tapi bagaimanapun saya akan terus memantau perkembangan pasien saya,” ucap dr. Alfred Tigor yang membuka praktik di Jalan Laswi Majalaya.

Yana yang kesehariannya sebagai buruh di Desa Derwati harus bersabar dalam menjalani pengobatan untuk memastikan tindakan selanjutnya.

“Alhamdulillah adik saya sudah punya kartu JKN-KIS, tidak terbayangkan kalau seandainya tidak ada kartu JKN-KIS mau berobat bagaimana untuk membayar biayanya, pakai JKN-KIS dari awal berobat sampai mau di operasi tidak ada biaya yang keluar,” ujar Ika Kartika saudara perempuan Yana yang setia menemani selama Yana berobat.

“Saya bersyukur sekali mempunyai kartu JKN-KIS sangatlah membantu, hatur nuhun BPJS Kesehatan,” ujar Yana sambil terbata-bata walau sedang sakit Yana sempatkan ucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan.

 (apt)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …