H-2 Ramadan, Harga Ayam di Pasar Baru Tembus Rp 40 Ribu per Kilogram

Pedagang daging ayam

Pedagang daging ayam

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Jelang Ramadan, harga daging ayam di Kota Bandung sentuh  Rp 40 ribu per kilogram. “Kenaikan harga ini terjadi sudah sekitar 2 hari ini,” ujar salah seorang pedagang daging Ayam, di Pasar Baru, Tedi, kepada wartawan, Selasa (15/5/2018),
Sebelumnya, lanjut Tedi harga daging Ayam Rp36 ribu per kilogram.  Kenaikan ini, menurut Tedi, karena suplay yang terhambat. “Salah satu penyebab kenaikan karena macet, ketika menyuplay daging dari daerah distributor, seperti di dari Ciamis,” katanya.
Selain daging Ayam, yang juga mengalami kenaikan adalah telur Ayam. Harga telur ayam di pasar baru menjelang Ramadan Rp26 ribu per kilogram, sementara sebelumnya Rp23 ribu. “Kenaikan harga telur ayam ini sudah sejal tiga hari. Karena permintaan naik,” ujar salah seorang pedagang telur Ayam di Pasar Baru, Yuyum.
Menurut Yuyum, harga telur Ayam diperkirakan akan terus naik menjelang Idul Fitri. Namun kemungkinan tidak akan lebih dari Rp30 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga beras dan sayuran segar, cenderung stabil.

Berdasarkan pantauan, harga beras jenis premium di Pasar Baru stabil Rp13 ribu per kilogram, sedangkan harga beras bulog sekitar Rp9450 per kilogram.
Untuk harga sayur seperti bawang merah dan cabai rawit stabil, sekitar Rp 40 ribu per kilogram.
Demikian juga dengan harga daging sapi, yang relatif stabil, sekitar R110 ribu-Rp120 ribu per kilogram. Dengan stok yang relatif aman.

Menanggapi hal ini, Penjabat Walikota Bandung M.Solihin mengatakan, akan mengupayakan agar semua harga kebutuhan bahan pangan tidak akan kenaikan yang signifikan.
“Kalaupun ada kenaikan yang mungkin sampai di atas toleransi, kami akan melakukan Operasi Pasar (OP),” katanya.

Disinggung mengenai harga daging Ayam yang merangkak sampai Rp40 ribu lebih, Solihin mengingatkan masyarakat untuk memilih bahan makanan lain dengan protein yang sama tingginya, seperti ikan.

“Kalau harga daging ayam nya naik, saya harap masyarakat bisa beralih ke  ikan,” terangnya.
Namun, Solihin menegaskan, pihaknya akan mengupayakan agar harga daging Ayam bisa ditekan semaksimal mungkin,” tegasnya.

(mur)

 

 

loading...

Feeds

Tiga Calon Sekda KBB Siap Bersaing

Panitia seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mengumumkan tiga peserta terbaik yang akan menduduki Jabatan Sekretaris …