Bulan Ramadan, Pasar Baru Sepi Pengunjung Mancanegara

Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –  Selama Ramadan, Pasar Baru Bandung sepi pengunjung mancanegara. Tapi, sebagai gantinya, seminggu menjelang Lebaran, pengunjung bisa naik 10 kali lipat dibanding hari-hari biasa.
“Kalau saat bulan Ramadan, pengunjung dari Malaysia, Brunai dan mancanegara Asia lainnya, tidak belanja ke sini. Mereka khusu beribadah,” ujar Koordinator Keamanan Pasar Baru Trade Center, Iwan Suhermawan, kepada wartawan Selasa (15/5/2018).
Iwan mengatakan, dalam sehari pengunjung Pasar Baru mencapai 20 ribu orang. Jumlah itu akan meningkat sekitar tiga kali lipat pada akhir pekan. Sementara pada dua seminggu sebelum puasa dan seminggu saat bulan puasa, peningkatan lima kali lipat. Sedangkan seminggu sebelum lebaran, peningkatan bisa sampai 10 kali liptat.

“Untuk komoditi yang paling banyak diminati masih sekitar fashion dan accesories,” terangnya.
Disinggung mengenai keamanan, Iwan mengatakan pihaknya dibantu 130 orang personel satuan pengamanan, 20 orang satuan tugas himpunan pedagang untuk menjaga keamanan.
“Saya menjamin, Pasar Baru pusat perbelanjaan paling jarang copet di Kota Bandung, dibanding tempat keramaian lain di Kota Bandung,” tegas Iwan.
Jika ada pengunjung yang mengalami kecopetan, maka bisa langsung lapor ke petugas keamanan. Kalau memungkinkan untuk diproses, maka akan diproses secara hukum.
“Dari lima kasus pencopetan, tiga diantaranya terungkap. Tertangkap dan barang yang dicopet dikembalikan,” terangnya.
Meski demikian, tidak jarang Iwan mendapat pengaduan palsu. Ada orang mengaku dicopet, namun ujung-ujungnya minta ongkos untuk pulang ke rumahnya.
“Karenanya, kami juga harus berhati-hati jika ada orang yang mengaku dicopet, jangan mudah percaya,” katanya.
Disinggung keamanan pasca ledakan bom di Surabaya baru-baru ini, Iwan mengatakan, tidak mempengaruhui kunjungan ke Pasar Baru.
Meski demikian, menurut Iwan pihaknya tetap meningkatkan keamanan. Caranya, dengan memeriksa mobil yang masuk ke pasar baru. “Sekarang setiap mobil yang masuk, diperiksa dengan metal detektor, untuk menjaga keamanan,” pungkasnya.

(mur)

loading...

Feeds

Tips Wisata Kuliner di Bandung

Wisata kuliner bandung memang banyak menjadi tujuan utama para pendatang di kota Bandung. Bandung memang sangat terkenal dengan berbagai sajian …