Turki Punya Enam Capres, Siapa Saja Ya?

capres Recep Tayyip Erdogan

capres Recep Tayyip Erdogan

Partai oposisi Republik Rakyat Turki (CHP) telah menominasikan Muharrem Ince sebagai capres pada pemilu mendatang. Dalam rapat umum di Ibu Kota Ankara, Pemimpin CHP Kemal Kilicdaroglu secara resmi mengumumkan pilihan CHP.


Partai oposisi IYI (Good) telah mengedarkan petisi untuk menjadikan pemimpin partai mereka yaitu Meral Aksener sebagai capres. Aksener mendapatkan lebih dari 100.000 tanda tangan untuk menjadi kandidat presiden dalam pemilihan mendatang.

Pada 22 April, lima belas wakil dari partai oposisi utama Turki CHP mengundurkan diri untuk bergabung dengan Partai IYI agar memenuhi syarat untuk membentuk kelompok di parlemen. Partai oposisi Felicity (Saadet) mengumumkan ketuanya, Temel Karamollaoglu, sebagai capres mereka. Karamollaoglu juga melampaui 100.000 tanda tangan untuk menjadi kandidat presiden.

Partai oposisi, Partai Demokrat Rakyat (HDP) mengumumkan mantan ketua mereka yang juga pernah di penjara, Selahattin Demirtas, sebagai capres. Pada November 2016, Demirtas bersama dengan 12 anggota parlemen HDP, ditangkap atas tuduhan terkait teror. Demirtas tetap dalam tahanan menunggu persidangan.

Terakhir, Dogu Perincek – ketua Partai Vatan, juga melampaui 100.000 suara untuk menjadi kandidat presiden.

(iml/trz/JPC)

 

Loading...

loading...

Feeds