Peserta SBMPTN di Bandung Ketahuan Pakai Earphone

Para peserta SBMPTN saat mengikuti tes

Para peserta SBMPTN saat mengikuti tes

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pengawas ujian menemukan seorang peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Bandung yang melakukan kecurangan. Pengawas menemukannya di ruang ujian, seorang peserta memakai earphone yang diduga sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pihak lain, Selasa (8/5).

Sekretaris Eksekutif 1 SBMPTN Panlok 34 Bandung, Asep Gana Suganda mengatakan, salah seorang peserta ujian yang memakai kerudung terlihat oleh pengawas ujian, tengah memakai earphone yang diduga sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pihak lain. Lokasi temuan tersebut berada di SMK Negeri 8 Jalan Kiliningan Bandung.

“Setelah ketahuan, earphone nya langsung disita pengawas,” ujarnya kepada Radar Bandung (induk pojokbandung.com) di sekretariat panitia SBMPTN, di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Selasa (8/5).

Asep menjelaskan, penemuan itu terjadi sekira pukul 08.30 WIB, saat para peserta tengah mengerjakan soal Tes Kemampuan Dasar (TKD). Peserta yang bermasalah itu mengikuti kategori ujian kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), lalu ketika jam istirahat sekira pukul 09.15 WIB, panitia pengawas ujian langsung menginterogasi peserta tersebut di ruang khusus sekolah tempat diselenggarakannya ujian.

Asep berkata, menurut pengakuan peserta yang diindikasi melakukan kecurangan tersebut, sejak dari rumah, peserta tersebut memakai earphone hanya untuk mendengarkan lagu. Dikarenakan peraturan ujian yang tidak memperbolehkan peserta menggunakan earphone pada saat ujian berlangsung, panitia ujian lantas memeriksa ponsel yang dipakai peserta tersebut.

“Kita awalnya curiga peserta tersebut berkomunikasi dengan pihak luar. Setelah dicek, panggilan telepon terakhirnya pada tanggal 5 Mei lalu,” kata Asep.

Menurutnya, saat ujian berlangsung, peserta tersebut mengaku lupa untuk melepaskan earphone yang menempel di telinganya. Larangan memakai gawai pun tak didengar oleh peserta itu. Dan ketika diperiksa oleh panitia ujian, peserta itu kaget.”Pengakuannya cukup bisa dipercaya,” ujarnya.

(gum)

loading...

Feeds

Tips Wisata Kuliner di Bandung

Wisata kuliner bandung memang banyak menjadi tujuan utama para pendatang di kota Bandung. Bandung memang sangat terkenal dengan berbagai sajian …