Gebyar Segar Bugar Dispora Jabar, Memang Jrek Nong…..

 Ratusan pengunjung yang tergabung dalam Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI Jabar) melakukan senam bersama dalam kegiatan 'Gebyar Sehat Bugar' yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat.

Ratusan pengunjung yang tergabung dalam Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI Jabar) melakukan senam bersama dalam kegiatan 'Gebyar Sehat Bugar' yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat.

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Untuk meningkatkan angka partisipasi masyakarat dalam berolahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Dispora Jabar) menggelar acara jalan sehat dengan tema ‘Gebyar Segar Bugar’. Berlangsung di Lapangan GOR Arcamanik, ratusan peserta yang terdiri dari anggota Federasi Olahraga Rekreasi Masyakarat Indonesia Jawa Barat (FORMI Jabar) berkumpul sejak pukul 5 pagi untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Dengan tagline ‘Melalui gebyar segar bugar kita wujudkan masyarakat jawa barat yang kreatif, dinamis, dan mandiri’, Kepala Dispora Jabar, Yudha M Saputra, berupaya untuk kembali meningkatkan minat olahraga kepada masyarakat Jawa Barat, “Salah satu upaya pemerintah memfasilitasi masyarakat dan mempelajari bahwa olahraga harus sudah menjadi bagian dari gaya hidup kita semua,” ujarnya.

Menurut Yudha, badan yang segar bugar lebih baik dibandingkan sehat, sebab apabila segar bugar bisa dipastikan itu juga sehat, “Sehat itu hanya statis, segar bugar itu sehat dinamis,” imbuhnya. Ditambah dengan target di tahun 2020 yaitu Jabar Sehat, Dispora kini sedang gencar-gencarnya untuk menaikan partisipasi masyarakat berolahraga yang sekarang masih berada di angka 37 persen.

Dari angka partisipasi tersebut akan berdampak pada kebugaran yang diterima oleh masyarakat. Menurut APMO (Angka Partisipasi Masyarakat Berolahraga) persentase Jawa Barat masih berada di kategori sedang. Dengan target 50 persen di tahun 2019, Yudha yakin dua tahun kedepan menuju Jabar Sehat bisa terpenuhi.

“Kalau masyarakatnya bugar itu berarti hadirnya pemerintah sudah terlihat. Kami terus memberikan dan memperbaiki fasilitas olahraga itu cara yang dilakukan agar masyarakat mau berolahraga,” jelasnya.

Salah satunya, pembangunan sport park di setiap kabupaten kota. Memperbanyak pembangunan sport park dibandingkan rumah sakit agar kedepannya bisa menghemat biaya kesehatan, itu menjadi landasan kuat mengapa Dispora ingin masyarakat Jabar terus berolahraga. Lebih baik mencegah daripada mengobati dan membuat masyarakat sadar bergerak.

Badan yang segar bugar juga bisa meningkatkan produktivitas masyarakat dalam bekerja dan membuat pelajar lebih semangat untuk belajar. Yudha juga mengajak masyarakat untuk menyempatkan berolahraga karena tidak perlu setiap hari, cukup tiga kali dalam seminggu dengan waktu 30 menit.

“Semoga dengan kegiatan ini minat masyarakat dalam berolahraga bisa lebih banyak lagi, itu semua sudah mulai terlihat dari penuhnya sarana olahraga yang tersebar di Kota Bandung. Salah satunya GOR Arcamanik yang setiap hari Minggu selalu penuh dengan masyarakat yang mau joging, ada sekira 10 ribu pengunjung,” tandasnya.

(vid)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …