Di Penjara Sukamiskin Setya Novanto Janji Bantu KPK Bongkar Korupsi E-KTP

Setya Novanto Di Lapas Sukamiskin Bandung (foto Screenshot Aziz/Radar Bandung)

Setya Novanto Di Lapas Sukamiskin Bandung (foto Screenshot Aziz/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Terpidana korupsi megaproyek KTP-elektronik Setya Novanto (Setnov) sampai di Lapas Sukamiskin, Jalan A.H. Nasution, Bandung, Jumat (4/5/2017).


Setya Novanto tiba di Lapas Sukamiskin tepat pada pukul 16:50 WIB, menggunakan mobil hitam dengan nomor polisi B1243SQ0. Dua petugas KPK terlihat mendampingi bekas Ketua DPR itu.

Setnov menggunakan jaket warna hitam dengan baju warna hitam dan celana jenas biru. Ketika bertemu dengan wartawan yang menunggu didepan pintu masuk, Setnov terlihat memberikan senyum kepada seluruh wartawan.

Setnov menjelaskan, kedatangannya kelapas Sukamiskin merupakan perpindahan dari kost-kostan (Ruang Tahanan KPK) menuju pesantren (Lapas Sukamiskin)

“Saya siap untuk berdoa untuk cooling down dulu,” ujarnya, kepada wartawan.

Selama di Sukamiskin, ia mengaku akan tetap menuruti semua aturan dan prosedur KPK.

“Saya akan kooperatif kepada KPK, pada saat nanti menghadiri saksi-saksi nanti perkara E-KTP, dan juga, hal-hal lain yang perlu disampaikan nanti,” tuturnya.

Ketika disinggung mengenai tambahan tersangka lain terkait korupsi e-KTP, Setnov  mengatakan, kemungkinan itu ada.

“Dari melihat kasus ini. Kita lihat perkembangannnya itu semua KPK yang pastkkn tahu,” sambungnya.

Setnov menjelaskan, kasus yang menimpa dirinya mudah-mudahan bisa diselesaikan secara baik, ia bersyukur masih bisa bertemu dengan seluruh wartawan dan meminta doa.

“Kita berdoa semua supaya saya tetap kuat dan tabah menghadapi ini,” jelasnya.

Di tempat yang sama, kuasa hukum Setnov, Firman Wijaya menjelaskan, akan ada penyidikan lanjut terkait kasus yang menimpa kliennya. Setnov, kata dia, adalah korban warisan masa lalu.

Sehingga ia tidak ingin hanya Novanto saja yang jadi terpidana. “Jangan warisan masa lalu ini dikorbankan kepada Novanto saja,” tuturnya.

Disinggung mengenai nama-nama baru yang akan menjadi tersangka, Firman tidak menjelaskan lebih detail. “Oh iya, kita tunggu saja,” tuturnya.

Sementara Kepala Bidang Administrasi, Keamanan, dan Ketertiban Lapas Sukamiskin, Slamet Widodo menjelaskan, Setnov tetap akan diperlakukan seperti warga binaan lainnya. Pihak lapas, kata dia, tidak bakal mempersiapkan kamar secara khusus.

“Kami tidak akan mempersiapkan kamar. Kamar mana saja yang tersedia atau kosong. Sampai saat ini kamar yang masih kosong ada 112 kamar,” kata Slamet di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jumat (4/5).

Seluruh tahanan yang datang ke Lapas Sukamiskin terlebih dahulu akan melewati tahapan SOP yang berjalan seperti pada umumnya.

“Semua tipikor yang masuk diterima, diperiksa, siapa namanya, dicocokkan dengan surat-surat. Kami tinggal menerima,” pungkasnya.

(azs)

 

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …