Billy Simpson dan Lagu-Lagu Bapernya

Billy Simpson, penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ‘The Voice Indonesia’  (istimewa)

Billy Simpson, penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ‘The Voice Indonesia’ (istimewa)

POJOKBANDUNG.com – Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ‘The Voice Indonesia’ season pertama, Billy Simpson, kembali menunjukan tajinya sebagai seorang penyanyi dengan mengeluarkan single terbarunya dengan judul I Need Love.

Lagu tersebut merupakan single ketiga Billy yang diluncurkan di bawah bendera Universal Music Indonesia. Single pertamanya bertajuk Envy You (2016) dan Sendiri (2017) juga di luncurkan Universal Music Indonesia.

I Need Love menghadirkan nuansa baru dalam musik penyanyi beraliran pop balada ini. Pasalnya, kali ini ia menggabungkan berbagai genere music, mulai dari pop, rock hingga hip-hop.

Itu sebabnya, fans juga akan menikmati rap ala Rayi RAN di beberapa bagian. Ya, dalam lagu kali ini, Billy berkolaborasi dengan Rayi RAN sehingga menghasilkan I Need Love yang apik.

Pria kelahiran Jakarta, 17 Juli 1987 ini mulai menunjukan talentanya sebagai penyanyi  dan dikenal sejak menjuarai The Voice Indonesia musim pertama pada tahun 2013. Ajang pencarian bakat tersebut ditayangkan di Indosiar.

Pada akhir Mei 2016, Billy menulis dan merekam single baru berjudul “Envy You” di mana lagu ini mencapai peringkat pertama di hampir seluruh radio di Indonesia, terutama radio-radio besar di Jakarta.

Video klip Envy You yang di sutradarai oleh Lukman Sardi dan diperankan oleh Reuben Elishama dan Tanta Ginting menjadi viral di youtube.

Sukses dengan Envy You, setahun kemudian (2017) Billy kembali merilis single berjudul Sendiri. Single ini memiliki nilai personal tersendiri karena ia sendiri yang menggarap aransemen musiknya serta liriknya.

Februari 2018, ia berkolaborasi dengan Rayi RAN dan merilis single berjudul I Need Love. I Need Love menjadi lagu yang dianggap para pendengar sebagai lagu yang bikin baper.

“Banyak yang komentar ini lagu gue banget. Gue jadi baper dengernya,” ujar Billy saat cerita tentang single I Need Love, belum lama ini.

Billy sendiri lahir bukan dari keluarga yang memiliki darah musik atau seni. Hanya saja, sejak kecil ia sering menyaksikan film-film Disney dan menyukai musik-musik pendukungnya.

Beruntung, Billy memiliki seorang kakak perempuan yang mendukung bakatnya. Berkat support dari sang kakak pula Billy mendapatkan pengalaman bermusik untuk pertama kalinya dengan bermain bas di gereja pada usia 13 tahun.

Saat melanjutkan kuliah Bisnis dan Ekonomi di Melbourne, Australia, Billy semakin mengasah kemampuan bermusiknya. Ia bernyanyi dan banyak terlibat dalam acara musikal yang diadakan oleh para mahasiswa Indonesia. Tak hanya itu, ia juga berakting dalam film Kado Kendo, sebuah film yang diprakarsai mahasiswa dan difilmkan di Melbourne pada tahun 2007.

Selepas The Voice Indonesia, Billy mendapatkan kontrak rekaman dengan Universal Music Indonesia dan merilis album perdananya berjudul “Lukisanku”.  Dua lagu berjudul “Aku Menyesal” dan “Lukisanku” ditulis bersama Giring Ganesha.

Ia juga berkolaborasi dengan sederet musisi papan atas sesperti Capung Java Jive, Asta RAN, Irwan Simanjuntak, Yesaya Soemantri, Ronald Steven, Stereocase, Daniel Sigarlaki dari Magenta Orchestra, dan banyak lagi.

​Meski sudah dikenal sebagai pemusik bertalenta namun tidak serta merta membuat Billy mengambil aji mumpung, segala musik ia coba. Ia lebih memilih untuk konsisten pada jenis musik pilihannya yaitu pop, gospel.

“Bagi saya memilih konsisten dalam bermusik adalah tujuan saya. Saya bukan tipe orang yang mencoba-coba. Konsisten dan tetap menjaga kualitas dalam bermusik,” ujarnya.

Billy tidak menyangka lagu-lagunya banyak masuk top chart dan diterima oleh masyarakat di tengah pembajakan industri musik.

“Nggak nyangka juga, apalagi baru rilis. Bagi saya pribadi, ditengah krisis (pembajakan) di industri musik ini, berhasil masuk top chart adalah sesuatu banget,” pungkas pria 31 tahun tersebut.

Mengenai lagu, Billy lebih memilih untuk menulis sendiri seperti lagu Sendiri, Envy You dan I Need Love.

(rls/fid)

loading...

Feeds

Tips Wisata Kuliner di Bandung

Wisata kuliner bandung memang banyak menjadi tujuan utama para pendatang di kota Bandung. Bandung memang sangat terkenal dengan berbagai sajian …