Awasi Kecurangan Pemilu, Bawaslu Gandeng BEM

Debat Pilgub Jabar 2018 (Riana Setiawan/Radar Bandung)

Debat Pilgub Jabar 2018 (Riana Setiawan/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat membentuk Gerakan Pengawasan Partisipatif dari kalangan mahasiswa dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

Mahasiswa dipercaya bisa berperan dalam mengawasi jalannya Pilkada dari segala bentuk kecurangan.

Ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto mengungkapkan, sebelum melakukan pembentukan Gerakan Pengawas Partisipatif tersebut, pihaknya terlebih dahulu sudah melakukan beberapa kegiatan bersama para mahasiswa terkait kepemiluan dan bagaimana cara mengawasi dalam Pemilu.

“Mahasiswa ini selain mengawasi juga bertugas untuk melaporkan jika terjadi pelanggaran di wilayahnya masing-masing,” kata Harminus, di Bandung, baru-baru ini.

Dikatakan dia, ribuan mahasiswa yang digandeng Bawaslu adalah perwakilan mahasiswa yang merupakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai perguruan tinggi dan universitas di Jawa Barat.

Menurutnya, saat ini Bawaslu Jawa Barat sedang membentuk sebuah organisasi kemahasiswaan mulai dari tingkat kabupaten/kota.

“Sehingga para mashasiswa yang diwakili BEM ini sebagai pengawas partisipatif mampu mengawasi dari tingkat provinsi sampai ke tempat pemungutan suara,” kata dia.

Ia menilai, keterlibatan mahasiswa dalam proses Pemilu juga diproyeksikan tidak hanya untuk hajat politik besar seperti Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Sebab, pihaknya berharap para mahasiswa mampu berperan aktif dan bisa ikut menghadirkan kondisi pemilihan yang lebih baik.

“Jika ditemukan pelanggaran mereka bisa melaporkan langsung kepada Panwaslu,” kata dia.

(cr3)

loading...

Feeds

desa wisata

15 Desa Wisata di Subang Resmi Dilaunching

POJOKBANDUNG.com, SUBANG-Bupati Subang, H.Ruhimat didampingi wakilnya Agus Masykur Rosyadi dan Kadisparpora Subang H.Ugit Sugiana resmi melaunching sedikitnya 15 Desa Wisata …

Dispora Jabar Gembleng SP3OR di Pangandaran

Tenaga Sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan Olahraga (SP3OR) Jabar mengikuti acara peningkatan pengetahuan dan keterampilan tenaga SP3OR Jabar tahun 2019 di …

Atta Halilintar Cari Jodoh Dibantu Orang Tua

YouTuber Atta Halilintar kembali membuat heboh warganet dengan capaian subscriber menembus 11 juta. Sukses di pekerjaan yang dilakoninya dan sibuk membuat konten, …
bandung

Aset Koperasi Capai Rp13 Triliun

POJOKBANDUNG.ID, BANDUNG – Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan aset koprasi di Kota Bandung mencapai Rp13 triliun. Besaran nilai tersebut …