Awasi Kecurangan Pemilu, Bawaslu Gandeng BEM

Debat Pilgub Jabar 2018 (Riana Setiawan/Radar Bandung)

Debat Pilgub Jabar 2018 (Riana Setiawan/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat membentuk Gerakan Pengawasan Partisipatif dari kalangan mahasiswa dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

Mahasiswa dipercaya bisa berperan dalam mengawasi jalannya Pilkada dari segala bentuk kecurangan.

Ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto mengungkapkan, sebelum melakukan pembentukan Gerakan Pengawas Partisipatif tersebut, pihaknya terlebih dahulu sudah melakukan beberapa kegiatan bersama para mahasiswa terkait kepemiluan dan bagaimana cara mengawasi dalam Pemilu.

“Mahasiswa ini selain mengawasi juga bertugas untuk melaporkan jika terjadi pelanggaran di wilayahnya masing-masing,” kata Harminus, di Bandung, baru-baru ini.

Dikatakan dia, ribuan mahasiswa yang digandeng Bawaslu adalah perwakilan mahasiswa yang merupakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai perguruan tinggi dan universitas di Jawa Barat.

Menurutnya, saat ini Bawaslu Jawa Barat sedang membentuk sebuah organisasi kemahasiswaan mulai dari tingkat kabupaten/kota.

“Sehingga para mashasiswa yang diwakili BEM ini sebagai pengawas partisipatif mampu mengawasi dari tingkat provinsi sampai ke tempat pemungutan suara,” kata dia.

Ia menilai, keterlibatan mahasiswa dalam proses Pemilu juga diproyeksikan tidak hanya untuk hajat politik besar seperti Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Sebab, pihaknya berharap para mahasiswa mampu berperan aktif dan bisa ikut menghadirkan kondisi pemilihan yang lebih baik.

“Jika ditemukan pelanggaran mereka bisa melaporkan langsung kepada Panwaslu,” kata dia.

(cr3)

loading...

Feeds

Waduh! Persib Pecat Gomez

Mantan pelatih Johor Darul Takjim itu harus menyelesaikan masa baktinya di klub kebanggaan Bobotoh lebih dini dari durasi kontraknya. Kontraknya …

Tujuh Pendiri Saung Udjo Digugat

Sidang pertama penggugat pemisahan lahan peninggalan Udjo oleh Daeng Oktafiandi Udjo digelar di PN Bandung, Selasa (11/12). Namun, dari tujuh …

Waduh! KPK OTT Bupati Cianjur

Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), di daerah Jawa Barat. Dalam operasi kedap …

BRI Ajak Mahasiswa Unpad Kembangkan UMKM

Dukungan UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi di era teknologi makin dilirik kalangan perbankan, salah satunya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).  Untuk menyukseskannya …