Masyarakat Bandung Gerah Tarif Parkir Selangit

Ilustrasi.( Foto:riana setiawan/pojokbandung)

Ilustrasi.( Foto:riana setiawan/pojokbandung)

POJOKBANDUNG.com – Sejumlah juru parkir (Jukir) di Kota Bandung memasang tarif parkir lebih mahal dibandingkan tarif yang sudah ditetapkan pemerintah. Masyarakat mengeluh dan meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung untuk segera menertibkan oknum jukir tersebut.

Salah seorang pengendara sepeda motor bernama Didi (25) mengaku, pernah diminta tarif parkir sebesar Rp 5000 ketika hendak berbelanja di sekitaran Jalan Dalem Kaum.

Padahal, berdasarkan aturan Peraturan Daerah (Perda), tarif parkir yang berlaku di Kota Bandung untuk kendaraan bermotor sebesar Rp2.000 untuk zona tengah kota dan Rp1.000 rupiah untuk di zona penyangga.

“Saya dimintai Rp5.000 karena saya katanya bawa barang, padahal saya mah parkirnya juga cuma sebentar, ini kan hanya ambil barang yang sudah dipesan saja,’’ keluh Didi.

Bahkan menurutnya, mereka seperti enggan untuk mengembalikan uang lebih dari pembayaran parkir tersebut.

“Kadang mereka meminta pembayaran parkir di awal,” ungkapnya.

Ia mengatakan, meski tidak seberapa, pungutan tarif di luar kewajaran ini perlu dipertanggungjawabkan. Sebab, bila diakumulasi dengan jumlah kendaraan yang parkir di Kota Bandung, hasilnya bisa mencapai ratusan ribu.

“Untung gedelah dia, yang parkir kan bukan cuma satu dua kendaraan saja,” terangnya.

Disamping itu, Andi (22), seorang mahasiswa pengguna kendaraan roda dua mengatakan, hal tersebut juga ia alami ketika parkir di kawasan Braga atau sekitaran pusat kota.

“Tarifnya Rp 5 ribu, terus bayar diawal juga. Tapi lucunya, sering ada tulisan bahwa pihak penyedia parkir tidak bertanggung jawab jika kehilangan terjadi,” ungkapnya.

Andi menuturkan, setiap tempat di beberapa titik di Kota Bandung berbeda-beda tarifnya, ia mengetahui sebenarnya, Pemkot Bandung sudah mempunyai peraturan terkait tarif parkir tersebut.

Namun ia mengeluhkan, masih adanya oknum jukir parkir yang seperti mencoba mengambil keuntungan dari para pengendara yang dianggapnya tidak mengetahui tarif parkir yang ada di Kota Bandung.

loading...

Feeds